Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Teruskan Layanan Keliling di Sidoarjo

10 April 2018, 20: 16: 44 WIB | editor : Lambertus Hurek

Pelayanan KTP elektronik di Krian.

Pelayanan KTP elektronik di Krian. (Mus Purmadani/Radar Sidoarjo)

Share this      

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sidoarjo terus layanan jemput bola keliling di kecamatan. Selasa (10/4), giliran Kecamatan Krian yang didatangi. Hal ini sebagai salah satu upaya mendekatkan pelayanan kepengurusan akta kelahiran dan kepengurusan Kartu Keluarga (KK) serta perekaman data KTP-el atau lebih dikenal dengan e-KTP.
“Kegiatan ini merupakan program baru yang kita beri nama GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk). Dalam program ini kami memberikan layanan untuk akte kelahiran, akta kematian, KK, rekam dan cetak KTP el,” kata Kepala Dispendukcapil Sidoarjo Medi Yulianto.
Pelayanan keliling ini merupakan program lanjutan. Sebelumnya, Dispendukcapil juga sudah melakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Waru, Wonoayu dan Balongbendo. “Untuk selanjutnya terus kami lakukan secara bergantian,” lanjutnya.
Menurutnya, program ini juga bertujuan untuk mempercepat perekaman KTP el yang akan dipergunakan untuk hak pilih dalam Pilgub mendatang. “Kami terus berupaya, agar data kependudukannya nanti bisa tuntas 100 persen,” jelasnya.
Medi menambahkan hasil yang di Balongbendo sebelumnya, untuk proses perekaman KTP el sebanyak 139 orang, cetak KTP el 454 pemohon, surat keterangannya 440 pemohon, akta kelahirannya 45 kutipan akta kematian 20.  “Untuk kepengurusan KTP el, pemohon cukup membawa KK yang asli, sudah langsung bisa diproses di sini dan gratis. Lebih mudah karena regulasinya memang seperti itu,” ujarnya.
Program ini rupanya sangat disambut antusias oleh Yanto warga Desa Kemangsen. Menurutnya ia tidak perlu repot harus bolak-balik dari rumah ke kantor Dispendukcapil. “Kalau di sini ada data yang kurang tinggal pulang ke rumah,” katanya. (mus/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia