Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Kumpul di Warkop, Pesta Sabu, Digerebek Polisi

10 April 2018, 12: 42: 43 WIB | editor : Wijayanto

TERSANGKA: Hari Susanto dan barang bukti narkoba.

TERSANGKA: Hari Susanto dan barang bukti narkoba. (IST)

Share this      

SURABAYA – Unit Reskoba Polsek Sukolilo mengamankan empat warga Jalan Gebang yang kedapatan mengonsumsi sabu-sabu (SS). Tersangka  adalah Ahmad Zakaria, 32, dan Agus Priyanto, 32, keduanya warga Jalan Gebang Kidul, Gebang Putih, Surabaya. Selain itu, Hari Susanto, 38, dan Saiful Rizal, 32, warga Jalan Gebang Lor, Gebang Putih, Surabaya.
Kanit Reskrim Polsek Sukolilo Ipda Supranoto menuturkan, mulanya pada Senin (2/4) keempat tersangka berkumpul di salah satu warkop Jalan Gebang Kidul, Sukolilo, Surabaya sekitar pukul 20.45. ”Di tempat itu mereka merencanakan untuk membeli narkotika jenis sabu,” ujar Ipda Supranoto.
Kemudian, mereka patungan untuk mendapatkan barang haram tersebut. Hari Santoso bayar Rp 50 ribu dan ditambah uang Rp 250 ribu dari Agus Priyanto. Sembari membawa uang yang telah terkumpul, Hari Santoso menghubungi Bonbon (nama panggilan) untuk memesan satu poket sabu.
Tidak lama, Hari Santoso mendapatkan barang pesanan tersebut, kemudian mengajak ke tiga tersangka lain menuju ke kamar Agus Prayitno di Jalan Gebang Kidul untuk memulai pesta. ”Sabu itu dikonsumsi secara bergantian di dalam kamar tersebut,” imbuh Ipda Supranoto.
Sekitar pukul 22.00, mereka selesai melakukan pesta, Hari Susanto dan Saiful Rizal pulang ke rumah masing-masing. Selasa (3/4) sekitar pukul 01.00, dengan berbekal informasi dari warga, polisi melakukan penggerebekan di rumah Agus Prayitno tersebut.Kedua tersangka Agus Prayitno dan Ahmad Zakaria yang berada di dalam kamar berhasil diamankan polisi. Keduanya tak berkutik setelah polisi berhasil menemukan barang bukti usai dilakukan penggeledahan.
Dari pengakuan kedua tersangka keluar nama Hari Susanto dan Saiful Rizal. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan, polisi langsung bergerak mengamankan kedua tersangka yang berada di rumahnya.
Dari hasil penangkapan tersebut polisi menyita barang bukti berupa, satu pipet kaca yang berisi sisa SS dengan berat kotor 1,72 gram, dua buah sedotan plastik, dua poket plastik yang berisi sisa sabu dengan berat 0,13 gram, dan sebuah korek api.
Berbekal alat bukti tersebut, keempat tersangka digelandang ke tahanan Mapolsek Sukolilo. Kini mereka bakal dijerat pasal 114 dan atau 112 UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.(son/no)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia