Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Cuaca Panas, Tetap Berpotensi Hujan

08 April 2018, 19: 51: 14 WIB | editor : Lambertus Hurek

Suasana mendung di kawasan lumpur Porong.

Suasana mendung di kawasan lumpur Porong. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Share this      

Cuaca di Sidoarjo berubah-ubah di awal April 2018 ini. Pagi hingga siang cuaca panas. Namun pada malam hari, sebagian wilayah turun hujan.
Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Juanda Taufiq Hermawan mengatakan, saat ini secara umum masih dalam pancaroba. Namun ia menyebut ada sebagian wilayah yang memang sudah masuk musim kemarau.
Dikatakannya, dalam musim pancaroba ini, kondisi awan cumulonimbus (CB) sering terbentuk di Sidoarjo. Awan ini yang tetap memungkinkan potensi hujan deras disertai angin kencang.
“Masyarakat perlu mewaspadai jika ada awan CB, terutama untuk masyarakat di wilayah pesisir," katanya.
Menurutnya, jika awan CB terbentuk, potensi hujan lebat, disertai angin kencang serta petir dan kilat terjadi. Biasanya ketika awan CB terbentuk, angin kencang bisa terjadi di wilayah yang masih banyak tanah lapang. Seperti di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati dan di wilayah Kecamatan Jabon.
Sementara itu, mengenai musim kemarau, diprediksi di beberapa wilayah akan berbeda, namun terjadi dalam tiga bulan ini, yakni April, Mei, dan Juni. Sedangkan untuk Sidoarjo sendiri diperkirakan akan terjadi pada bulan Mei.
“Jadi bulan ini potensi hujan masih ada, bahkan dengan curah hujan yang cukup tinggi," imbuhnya.
Di sisi lain, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Dwidjo Prawito mengatakan pihaknya terus mengimbau ke wilayah-wilayah rawan angin kencang untuk tetap waspada. Sebab di musim pancaroba ini juga sering terjadi angin puting beliung. "Kami sudah meminta pihak kecamatan untuk segera melapor jika terjadi angin kencang,” jelas Dwidjo Prawito. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia