Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Sidoarjo

Kawasan Industri di Jabon Mulai Digarap

08 April 2018, 19: 48: 39 WIB | editor : Lambertus Hurek

Pengurukan lahan industri di Jabon.

Pengurukan lahan industri di Jabon. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Share this      

Pengembangan kawasan industri di Sidoarjo mulai berjalan. Setelah ada satu perusahaan yang mengajukan kawasan industri di Lingkar Timur, kini kawasan Jabon mulai bersiap. Dalam waktu dekat sebuah perusahaan akan membangun industri di daerah ini.
Dari pantauan Radar Sidoarjo, ada lahan di Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon yang sudah mulai diuruk. Puluhan truk yang mengangkut pasir dan beberapa alat berat mulai bekerja. Lahan yang semula berupa tambak tersebut dipadatkan dengan pasir dan batu (sirtu).
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, pembangunan industri di lokasi tersebut sudah sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Kecamatan Jabon dipatok menjadi wilayah mixed-use. Artinya dalam satu area bisa diguanakan untuk beberapa kegiatan.
“Seperti permukiman dan perdagangan bisa berdampingan,” katanya.
Saat ini sudah ada satu perusahaan yang mengantongi izin lokasi untuk penggunaan lahan di kawasan tersebut. Lahan yang sedang diuruk dan akan digunakan cukup luas. Yakni mencapai 200 hektare, lokasinya di sisi selatan jalan.
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono membenarkan bahwa pengurukan lahan di Jabon tersebut sesuai dengan peruntukan kawasannya. “Pemkab memang sudah menetapkan dua lokasi sebagai kawasan industri, yakni di Lingkar Timur dan Jabon,” ujar Agoes.
Pemilihan dua lokasi ini sudah melalui sejumlah kajian. Alasan utamanya karena masih banyak lahan yang belum dimanfaatkan. "Pembentukan kawasan industri ini untuk sebagai upaya penataan wilayah," pungkasnya. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia