Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Sentra PKL Gajah Mada Siap Ditempati

07 April 2018, 16: 29: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

Sentra PKL di Jalan Gajah Mada Sidoarjo.

Sentra PKL di Jalan Gajah Mada Sidoarjo. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Share this      

Sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Gajah Mada belum difungsikan. Meski gedung tersebut sudah diresmikan pada awal tahun 2018 lalu, hingga saat ini tidak ada tanda-tanda bakal dibukanya aktifitas jual beli di lokasi tersebut. 

Pantauan Radar Sidoarjo, gedungnya sentra PKL itu masih kosong. Selain itu , PKL masih banyak berjualan di tepi jalan Gajah Mada. Padahal konsepnya, sentra PKL ini akan digunakan sebagai relokasi PKL di Jalan Gajah Mada itu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo Fenny Apridawati menjelaskan sentra PKL akan akan difungsikan atau ditempati tahun ini. Ia menyatakan PKL juga akan direlokasi ke gedung berlantai dua tersebut di tahun ini. “Saat ini masih dalam proses penyerahan aset," katanya.

Fenny mengatakan nantinya PKL di Jalan Gajah Mada memang akan dipindah ke sentra PKL, tapi tidak bisa semuanya. Gedung yang berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter persegi itu hanya bisa menampung sebanyak 60 pedagang. Masing-masing lantai menampung 30 pedagang.

Sedangkan sebagai persiapan, pihaknya terus melakukan sosialisasi dengan para pedagang tentang rencana relokasi. Selain itu pihaknya juga mendata jumlah pedagang juga untuk mengatur penempatan pedagang di sentra PKL tersebut. Sebab nantinya pedagang akan ditempatkan sesuai dengan jenis dagangannya. "Sebagian besar diisi oleh pedagang kuliner," imbuhnya.

Sentra PKL tersebut bentuknya setengah terbuka. Pedagang akan ditempatkan di lapak berukuran 3x4 meter. Pemkab juga menyediakan parkir kendaraan di sekitar gedung agar lebih tertata dan tidak mengganggu lalu lintas.

Fenny memperkirakan dalam waktu dekat sentra PKL sudah bisa digunakan. Dalam persiapannya ini pihaknya juga sedang melakukan inventarisir apa saja yang dibutuhkan pedagang di masing-masing stan. (nis/jee) 

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia