Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Banyak APK Pilgub Hilang

07 April 2018, 16: 26: 47 WIB | editor : Lambertus Hurek

Alat peraga kampanye pilgub Jatim 2018.

Alat peraga kampanye pilgub Jatim 2018. (DOK)

Share this      

Belum genap sepekan terpasang, sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) berupa spanduk hilang. Ada yang hilang hanya salah satu pasangan calon (paslon), ada juga yang hilang dua-duanya. 

Komisioner Panwaslu Sidoarjo, Jamil mengatakan APK baik yang dari KPU maupun tim pengusung merupakan tanggung jawab penuh tim dari paslon. “Sebab penjagaan APK itu bukan lagi menjadi domain dari KPU maupun Panwaslu,” ujarnya. 

Menurut Jamil, kalau dulu segala fasilitas pemilu bisa dibiayai sendiri oleh paslon. Namun sekarang dibiayai oleh negara. “Ini untuk mencegah terjadinya korupsi,” katanya.

Jamil mengatakan APK sudah diserahterimakan kepada tim kampanye Paslon beberapa waktu yang lalu. Dengan dilakukannya serah terima itu, perawatan, pemeliharaan, pembersihan hingga penurunan APK yang telah diserahkan pada tim kampanye paslon dan menjadi tanggung jawab paslon.

"Jadi kalau ada terdapat kerusakan APK, tim kampanye paslon dapat mengganti APK itu," jelasnya. 

Dikatakan, hilangnya APK ini bisa saja ditarik ke ranah pidana karena tindak pencurian. “Namun yang melapor juga harus tim kampanye paslon,” pungkasnya. (mus/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia