Minggu, 23 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi

17 Industri Pionir Dapat Insentif Pembebasan Pajak

03 April 2018, 13: 16: 07 WIB | editor : Wijayanto

17 Industri Pionir Dapat Insentif Pembebasan Pajak

JAKARTA – Pemerintah merealisasikan kebijakan tax holiday (pembebasan pajak untuk periode tertentu) bagi dunia usaha sebagai bagian dari upaya menarik investasi ke dalam negeri.
Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Robert Pakpahan mengumumkan sebanyak 17 industri pionir diusulkan mendapat pembebasan pembayaran pajak. Sebelumnya, hanya ada 8 industri pionir yang mendapat hak spesial tersebut dari pemerintah.
 Dalam skema tersebut, nantinya investor tidak perlu menanamkan modal baru, tetapi boleh penanam modal yang sudah eksisting namun melakukan ekspansi.
 "Kalau dulu yang boleh mendapatkan tax holiday harus wajib pajak baru, PT baru, sekarang definisinya penanaman modal baru, sehingga perusahaan lama kalau ada ekspansi investasi baru juga di segmentasi bisa mengajukan tax holiday," kata Robert di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (2/4).
 Dalam aturan lama, lanjut Robert,  porsi pengurangan pajak akan sangat bergantung terhadap rapat komite. Namun dalam aturan baru ini, WP akan mendapatkan potongan pajak secara penuh alias 100 persen.
 "Kalau di aturan lama yang di-holiday-kan, yang tidak bayar pajak tidak presisi, tergantung rapat komite, dan signifikansi bisa 10-100 persen, kalau yang terkini sangat presisi tax holiday dapatnya 100 persen," jelas dia.
Terakhir, terkait jangka waktu, durasi yang didapat WP dalam pembebasan pajak berubah sesuai dengan diskresi Menteri Keuangan. Jika di skema existing WP hanya mendapat 5-15 tahun dan diperpanjang sampai 20 tahun, skema baru lebih menekankan pada nilai investasinya.
Sebagai contoh, jika ada WP yang melakukan penanaman modal dengan nilai sebesar Rp 500 miliar-Rp 1 triliun, maka akan mendapat pembebasan pajak selama 5 tahun. Kemudian untuk nilai penanaman modal sebesar Rp 1 triliun-Rp 5 triliun akan mendapat pembebasan sebanyak 7 tahun. Nilai Rp 5 triliun-Rp 5 triliun sebanyak 10 tahun dan Rp 15 - Rp 30 triliiun sampai dengan  20 tahun.
Dalam aturan baru WP akan mendapat masa transisi selama 2 tahun yang memberikan diskon 50 persen pajak bagi investor yang masa tax holidaynya sudah habis.(mna/hen)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia