Senin, 22 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Afwan Maksum Jadi Anggota Baru DPRD Jatim

Selasa, 20 Mar 2018 21:18 | editor : Abdul Rozack

DISUMPAH: Pelantikan Afwan Maksum dari Fraksi PDIP menjadi anggota DPRD Jatim

DISUMPAH: Pelantikan Afwan Maksum dari Fraksi PDIP menjadi anggota DPRD Jatim (BAEHAQI ALMUTOIF/RADAR SURABAYA)

SURABAYA-DPRD Jatim melakukan pergantinan antar waktu (PAW). Afwan Maksum dari Fraksi PDIP resmi dilantik menjadi anggota DPRD Jatim menggantikan Ali Mudji yang juga asal Fraksi PDI Perjuangan. Pergantian ini dilakukan setelah Ali Mudji meninggal akibat penyakit komplikasi pada 30 Oktober 2017 lalu. 

Pelantikan dan PAW susunan fraksi di DPRD Jatim, Afwan Maksum ini dipimpin oleh Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar serta Wakil ketua DPRD Jatim yang disaksikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim, Akmad Sukardi di Ruang Paripurna DPRD Jatim, Senin (19/3) di Gedung DPRD Jatim. “PAW ini dilakukan sudah melalui mekanisme dan aturan yang benar yaitu mulai dilakukan pendatanganan oleh empat pimpinan DPRD Jatim,” ujar Abdul Halim, Senin (19/3). 

Setelah ditandatangani oleh pimpinan dewan, lanjutnya, kemudian dilakukan tanda tangan oleh ketua Partai, dan dikirim ke KPU dan Mendagri. Abdul Halim pun berharap kepada anggota yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan tugas sebagai anggota DPRD Jatim yaitu di Komisi B DPRD Jatim, dan Badan Musyawarah (Banmnus). “Semoga beliau cepat dalam melakukan adaptasi,” jelasnya. 

Dengan dilantiknya Achwan Maksum sebagai PAW almarhum Ali Mudji, secara otomatis mempengaruhi susunan keanggotaan Fraksi PDI Perjuangan. Serta susunan keanggotaan Alat  Kelengkapan DPRD Provinsi Jawa Timur masa bakti 2014 – 2019. Maka dari itu agenda selanjutnya adalah Peresmian Susunan Keanggotaan Fraksi PDI-P 

sekaligus Perubahan Susunan Keanggotaan Alat Kelengkapan DPRD Provinsi Jawa Timur Masa bhakti  2014 – 2019.  

“Terima kasih atas sambutannya, pihaknya akan berkoordinasi dan bekerja memberikan sumbangsih 

tenaga, pikiran untuk mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat di Jatim," kata Afwan Maksum ditemui usai sidang paripurna di DPRD Jatim. 

Perlu diketahui, Duka mendalam menyelimuti keluarga besar DPRD Provinsi Jawa Timur, khususnya Fraksi PDI Perjuangan. Salah satu kader terbaik partai yang duduk di parlemen itu telah tiada. Ali Mudji yang dikenal sebagai seorang nasionalis itu menghembuskan napas terakhir pada Senin (30/10) pukul 13.30 WIB.

Sri Untari Bisowarno, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim mengungkapkan, almarhum Ali Mudji adalah sosok pejuang partai sejati. Seluruh hidupnya diabdikan untuk membela, mempertahankan, dan memperjuangkan partai. PDI Perjuangan sangat kehilangan sosok kader partai yang loyal dan setia kawan. 

Ali Mudji adalah anggota DPRD Jatim yang berangkat dari daerah pemilihan Jatim Jatim IX yang meliputi Kabupaten Tuban dan Bojonegoro. Pada periode 2014-2019, almarhum sempat menjadi Wakil Ketua komisi B DPRD Jatim. Namun karena alasan kesehatan, posisi beliau digantikan rekan separtainya, SW Nugroho.(bae/no)

(sb/bae/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia