Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Percepat Pelayanan, Gelar Gerakan Sadar Adminduk

19 Maret 2018, 16: 53: 11 WIB | editor : Lambertus Hurek

Pengambilan data KTP elektronik di Sidoarjo.

Pengambilan data KTP elektronik di Sidoarjo. (DOK)

Share this      

Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) semakin dekat dengan masyarakat. Sabtu (17/3) lalu, Kecamatan Waru dipilih menjadi lokasi pertama untuk kegiatan jemput bola. Kegiatan ini dalam rangka pelayanan serentak bernama Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (adminduk).
Selain pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP, dalam jemput bola ini petugas juga menyediakan beberapa layanan lain. Seperti, pengurusan akta kelahiran, kematian, dan pengurusan Kartu Keluarga (KK).
Program yang merupakan perintah dari pemerintah pusat ini digelar serentak. "Semua daerah menggelar percepatan pelayanan adminduk," kata Kepala Dispendukcapil Sidoarjo Medi Yulianto.
Pelayanan tambahan ini akan digelar setiap Sabtu. Tidak hanya untuk mempercepat pengurusan adminduk, kegiatan jemput bola ini juga mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga mereka tidak perlu mengurus jauh-jauh ke kantor Dispendukcapil.
Medi menyebutkan, Kecamatan Waru dipilih menjadi lokasi pertama dalam gerakan sadar adminduk. Alasannya, pihaknya memprioritaskan pelayanan di kecamatan yang padat penduduk. Setelah Waru, minggu depan yang menjadi target selanjutnya adalah Kecamatan Taman.
Menurut Medi, gerakan sadar adminduk memang sangat diperlukan. Sebab kegiatan itu membantu pemkab memenuhi target nasional. Seperti data warga yang belum melakukan perekaman. Dari data Kemendagri, jumlah wajib e-KTP di Sidoarjo mencapai 1,4 juta. Sebanyak 97 persen sudah melakukan perekaman. "Kurang 3 persen lagi akan terpenuhi dengan program ini," imbuhnya.
Untuk akta kelahiran, sudah ada 80,71 persen warga berusia 0-18 tahun yang memiliki surat kelahiran. Angka tersebut tidak jauh dari target pemerintah 85 persen. Sedangkan akta kematian dari bulan Januari hingga Februari jumlah pengurus mencapai 345 orang. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia