Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Epitome, Filosofi Borobudur Dalam Busana Avant Garde

12 Maret 2018, 21: 40: 25 WIB | editor : Abdul Rozack

INTERNATIONAL LOOK: Seorang model memperagakan busana karya Hanaika Heydi yang menceritakan filosofi Borobudur dan dilengkapi dengan penutup wajah yan

INTERNATIONAL LOOK: Seorang model memperagakan busana karya Hanaika Heydi yang menceritakan filosofi Borobudur dan dilengkapi dengan penutup wajah yang kolosal. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Indonesia menyimpan sejuta sejarah dan budaya. Salah satu yang terbesar adalah candi Borobudur. Tak hanya berdiri sebagai sebuah bangunan bersejarah, penampakan fisik dari borobudur juga menyimpan sejuta makna yang menggambarkan pengembaraan hidup manusia, mulai dari karma dan perjalanan hidup menuju tempat kembali. 

Filosofi inilah yang ditangkap oleh desainer muda berbakat Hanaika Heydi. Dalam karya terbarunya di awal 2018, ia mengangkat tema Epitome: The Soul of Borobudur. “Saya ambil dari filosofinya, di Borobudur kan ada tingkatannya mulai dari yang terbawah Kamadatu, Rupadhatu dan Arupadathu yang kesemuanya memiliki cerita perjalanan hidup dan karma yang dialami manusia,” ujar wanita cantik ini kepada Radar Surabaya, Minggu, (11/3). 

Yang mengesankan dari karyanya, spirit dari Borobudur mampu Heydi sampaikan secara apik kedalam busana-busana berpotongan simple, elegan dan sarat makna. Busana-busana itu hadir dalam beberapa warna sesuai dari urutan perjalanan hidup manusia. 

Ada satu busana karya Heydi yang paling eye catching, yakni busana hitam selutut dengan berpotongan mengembang di bagian bawah. Yang menarik, ada susunan gembok yang dipasang vertikal di bagian atas baju yang seakan-akan membebat badan. 

“Ini memiliki filosofi tersendiri, sebagai penggambaran masa lalu yang menyimpan cerita kejayaan di masanya,” jelasnya. 

Ciri khas dari karya Heidi adalah potongan busana yang selalu terlihat clean, simple dan minimalis. Namun, memiliki arwah keanggunan dan mengikuti pasar internasional. (is/nur)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia