Sabtu, 20 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

768 CJH Sidoarjo Sudah Foto Paspor

08 Maret 2018, 20: 08: 13 WIB | editor : Lambertus Hurek

768 CJH Sidoarjo Sudah Foto Paspor

Pembukaan loket imigrasi di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo rupanya sangat membantu mempercepat proses pembuatan paspor. Hanya dalam dua hari, sudah ada 768 Calon Jamaah Haji (CJH) dari total 2.811 yang berhasil foto paspor. Dalam waktu dekat loket tersebut akan kembali dibuka.

Kepala Kantor Kemenag Sidoarjo Achmad Rofii mengatakan Selasa (13/3) mendatang loket akan kembali dibuka kembali. CJH yang sudah masuk dalam daftar berangkat tahun ini bisa memanfaatkan loket tersebut. 

“Namun tidak semua langsung bisa melakukan foto paspor di hari yang sama,” ujarnya.

Rofii menjelaskan, untuk mencegah CJH yang berjubel, pihaknya menerapkan kuota. Setiap hari sudah dijadwal ada berapa CJH yang bisa melakukan foto paspor yang dibagi melalui masing-masing KBIH. Untuk Selasa depan sudah dijadwalkan ada 430 orang yang diproses paspornya. 

Tidak berhenti di situ, Rofii menyebutkan bahwa semua CJH Sidoarjo akan diproses paspornya di kantor Kemenag, termasuk untuk CJH cadangan. “Secara bergantian setiap hari sampai selesai semua,” katanya.

Namun Rofii mengaku pihaknya tidak bisa menentukan kapan saja jadwal imigrasi membuka loket di kantornya. Bisa dua hari dalam sepekan, bisa satu hari, atau bahkan bisa selama sepekan penuh. “Tergantung dari imigrasi,” imbuhnya.

Sebelum imigrasi membuka loket, terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Kemenag. Koordinasi ini mengenai jam operasional dan jumlah paspor CJH yang dikerjakan di hari itu. Setelah itu pihaknya menghubungi KBIH untuk mempersiapkan CJH agar datang ke kantor Kemenag.

Ditambahkan Rofii, keberadaan loket imigrasi di kantornya ini sangat membantu, baik bagi CJH maupun pihak Kemenag sendiri. Sebab jika ada kesalahan ejaan nama bisa langsung diperbaiki tanpa perlu jauh bolak-balik ke imigrasi dan kantor Kemenag. (nis/jee) 

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia