Senin, 19 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Sukses Operasi Angkat Benjolan Kista di Kepala, Aqilla Boleh Pulang

Kamis, 08 Mar 2018 09:32 | editor : Abdul Rozack

LEGA: Aqilla Kirana Salim digendong ibunya, Retno Wilis, saat mendapatkan perawatan setelah dioperasi di Rumah Sakit Airlangga Surabaya, Rabu (7/3).

LEGA: Aqilla Kirana Salim digendong ibunya, Retno Wilis, saat mendapatkan perawatan setelah dioperasi di Rumah Sakit Airlangga Surabaya, Rabu (7/3). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Setelah menjalani operasi pengangkatan benjolan kista di dalam kepala selama delapan jam pada 22 Februari lalu,  bayi perempuan berumur  1,7 tahun, Aqilla Kirana Salim, akhirnya diperbolehkan pulang oleh tim dokter Rumah Sakit (RS) Airlangga, Surabaya, Rabu (7/3).

Selama 14 hari perawatan di RS Airlangga, perkembangan Aqilla semakin membaik, saat sebelumya kondisi Aqilla sangat memprihatinkan dengan adanya benjolan di dalam kepala yang setiap hari semakin membesar. Aqilla menderita Hydrocephalus dan Craciocynostosis sudah sejak dalam kandungan, anak kedua dari pasangan Retno Wilis dan Agus Salim yang tinggal di Kampung Dalam, Kecamatan Lubuk Baja, Batam, Kepulauan Riau ini telah terdeteksi oleh dokter kandungan saat usia kehamilan mencapai usia tiga bulan.

Retno mengungkapkan, dia bersama bayinya sampai di RS Airlangga pada 21 Februari 2018. Setiba di rumah sakit, Aqilla menjalani rawat inap untuk menunggu dioperasi. Menurut dia, setelah satu tahun lebih sejak kelahiran, Aqilla tidak mendapatkan perawatan yang sesuai. 

“Yang membuat saya kaget, selama dua bulan sebelum dibawa ke Surabaya, di dalam kepala anak saya sudah timbul benjolan-benjolan. Saat sampai di sini (RS Airlangga) masuk IGD, langsung dokter mengambil tindakan dengan test MRI, ternyata hasil testnya terdapat banyak benjolan kista,” kata Retno saat ditemui di RS Airlangga sebelum kepulangannya di kampung halaman, kemarin.

Lebih lanjut Retno menceritakan, setelah dilakukan operasi pengangkatan benjolan kista, saat ini perkembangan Aqilla semakin membaik. Dokter berusaha semaksimal mungkin agar perkembangan anak kedua dari Retno ini semakin membaik. “Setelah menjalani operasi, dokter menyarankan agar Aqilla dijaga asupan makanan agar tidak drop untuk menjalani operasi berikutnya pada Agustus mendatang,” kata Retno. (gin/hen)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia