Senin, 20 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Satpol PP Angkut Gerobak PKLdi Candi

07 Maret 2018, 03: 30: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

Petugas Satpol PP menertibkan PKL di kawasan Candi.

Petugas Satpol PP menertibkan PKL di kawasan Candi. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Jalan Raya Tenggulunan, Selasa (6/3), ramai. Pedagang Kaki Lima (PKL) yang awalnya santai berjualan tiba-tiba berlarian sambil membawa gerobaknya. Penyebabnya ada pasukan dari Dinas Ketertiban dan Keamanan (Satpol PP) yang datang.

Kedatangan pasukan penegak peraturan daerah (perda) tersebut untuk mengembalikan bahu jalan sesuai fungsinya. Penindakan langsung dilakukan kepada pedagang yang melanggar. Gerobak milik pedagang makanan, burung diangkut. Bahkan pikap milik pedagang buah juga ikut dibawa.

Kepala Satpol PP Sidoarjo Widiyantoro Basuki mengatakan, dalam penertiban total ada 25 PKL yang gerobaknya diangkut. "Langsung ikut sidang tipiring besok (hari ini, Red)," katanya.

Pria yang akrab disapa Wiwit ini menjelaskan, penertiban tersebut akan dilakukan secara rutin. Jika tidak, PKL akan kembali lagi. Menurut dia, Pemkab Sidoarjo sedang merancang pembangunan sejumlah sentra PKL agar bahu jalan bisa digunakan sesuai fungsinya.

Selain menertibkan PKL, Satpol PP juga sedang rutin menertibkan bangunan liar. Sejumlah bangunan yang berdiri di trotoar sudah ditertibkan, seperti di sepanjang Jalan Raya Ngaban pada bulan lalu. Besok (8/3) giliran PKL di Jalan Raya Candi yang akan ditertibkan, tepatnya di depan Pabrik Gula (PG) Candi.

Wiwit menyebutkan, ada 22 bangunan yang berdiri di jalur khusus pejalan kaki tersebut. Sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan meminta pedagang untuk membongkar bangunannya. Hasilnya hingga kemarin sudah ada 16 bangunan yanh dibongkar.

Sedangkan sisanya 6 bangunan masih berdiri. Peringatan pun sudah dilayangkan Satpol PP. "Kalau Kamis masih ada, kami yang tertibkan," tegas dia. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia