Senin, 20 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi

Produksi Ikan Jatim Ditargetkan Naik 10 Persen Tahun Ini

04 Maret 2018, 13: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Ilustrasi

Ilustrasi (net)

Share this      

SURABAYA-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jatim menargetkan produksi ikan di Jatim bisa meningkat tahun ini. Pemprov Jatim mematok ada peningkatan 10 persen.

Kepala DKP Jatim Heru Tjahyono mengatakan, target produksi ikan tahun ini dipatok diangka 1,1 juta ton. Jumlah tersebut terdiri dari 600 ribu ton rumput laut dan 500 ribu ton ikan. "Target tersebut bisa direalisasikan dengan mendorong peningkatan produksi perikanan budidaya (termasuk di budidaya air payau maupun laut), dan perikanan tangkap," ujar Heru, Sabtu (3/2). 

Menurut dia, target tersebut tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Yakni, di angka 1 juta ton, dengan produksi ikan bisa mencapai 400 ribu ton. Hanya saja jumlah itu diakui Heru memang belum memenuhi. Tercatat produksi ikan 300 ribu ton dan rumput laut 500 ribu ton. Namun, capaian tersebut tidak menyurutkan kenaikan target tahun ini. "Makanya kami dorong produksi ikan budidaya," ungkapnya. 

Peningkatan target produksi ikan ini, disebutkannya, guna memenuhi target konsumsi ikan di Jatim yang mencapai 33 kg per kapita. Jumlah itu meningkat dibanding 2017 sebanyak 32 kilogram per kapita dan 2016 sebanyak 31,34 kilogram per kapita. Tren positif ini harus terus dijaga untuk memenuhi target pemerintah pusat menggenjot konsumsi ikan di masyarakat. 

Untuk peningkatan konsumsi ikan di Jatim, dilakukan berbagai kegiatan di antaranya dengan sosialisasi gemar makan ikan, termasuk di sekolah-sekolah kalau bisa ada berbagai menu yang berbasis ikan. “Makan ikan memang banyak manfaatnya,” tandasnya. 

Kendati demikian, Heru mengatakan, peningkatan tersebut harus juga diikuti oleh kualitas ikan di Jatim. Pihaknya berharap ikan yang ada di masyarakat tidak mengandung merkuri, borak, dan formalin. Pengertian akan bahaya bahan-bahan tersebut terus diberikan kepada warga. "Setidaknya jika produk yang dihasilkan berkualitas, maka menjadi jaminan mutu," tandasnya. (bae/hen)

(sb/bae/jek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia