Rabu, 24 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tambah Lagi 61 Kuota Haji

27 Februari 2018, 03: 35: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

Pemberangkatan rombongan haji tahun lalu.

Pemberangkatan rombongan haji tahun lalu. (DOK)

Share this      

Kuota calon jamaah haji (CJH) dari Sidoarjo terus bertambah. Setelah pekan lalu ada penambahan menjadi 2.754 CJH yang akan berangkat, Senin (26/2) Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo kembali menerima penambahan kuota.

Kepala Kantor Kemenag Sidoarjo Achmad Rofii mengatakan, penambahan kuotanya tidak banyak. Hanya 61 orang. Meski begitu penambahan ini patut disyukuri. Bahkan, Rofii menyebutkan nantinya akan ada tambahan lagi. "Kemungkinan ada tambahan dari kuota nasional," ujarnya.

Hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa orang yang akan ditambahkan. Sebab, kuota nasional baru akan diumumkan setelah proses pelunasan. Jika ada yang tidak melunasi, kemenag pusat akan memberikan kuota tambahan yang dibagi ke beberapa daerah.

Pada pemberangkatan haji tahun ini, rata-rata yang masuk dalam daftar adalah yang mendaftar pada 8 hingga 9 tahun silam. Mereka mendaftar pada 2009 atau 2010. Dengan adanya penambahan kuota ini, Rofii menyebutkan, antrean keberangkatan haji akan lebih singkat. Jika mendaftar tahun ini diperkirakan bisa berangkat 20 tahun lagi. Sebelumnya harus menunggu sekitar 22 hingga 23 tahun.

Tahun ini Kemenag Sidoarjo juga meberlakukan kebijakan baru untuk mempermudah pelayanan kepada CJH. Mulai hari ini (27/2) pengurusan paspor bisa dilakukan di Kantor Kemenag. Jadwalnya mulai pagi hingga siang hari.

Jamaah yang sudah masuk dalam daftar berangkat bisa langsung membuat paspor. Kemenag sudah mengatur maksimal 300 orang dalam sehari. "Dikoordinir oleh maisng-masing KBIH," pungkasnya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia