Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

BBPJN Hanya Menutup Lubang di Raya Porong

25 Februari 2018, 16: 56: 48 WIB | editor : Lambertus Hurek

Polisi mengatur lalu lintas di Jalan Raya Porong yang sedang diperbaiki.

Polisi mengatur lalu lintas di Jalan Raya Porong yang sedang diperbaiki. (IST)

Share this      

Jalan Raya Porong beberapa kali ditutup karena tergenang banjir. Penurunan tanah akibat semburan lumpur sejak 12 tahun lalu membuat jalan nasional itu selalu kebanjiran jika curah hujan tinggi. Karena itu, Satlantas Polresta Sidoarjo berkoordinasi dengan Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) V untuk menutup sejumlah lubang selepas banjir dahsyat pekan lalu.

Upaya perbaikan di Jalan Raya Porong memang sejauh ini hanya dengan menutup lubang. Ini karena BBJN selaku pengelola jalan nasional merasa sulit melakukan peninggian. Suprijanto, koordinator pengawas lapangan BBJN, mengatakan pihaknya pernah mengusulkan agar Jalan Raya Porong 

ditinggikan sekitar satu meter. Pasalnya, saat banjir dahsyat pun ketinggian air maksimal tidak sampai satu meter. Biasanya paling tinggi 80-an sentimeter. 

"Nggak tahu kapan akan ditinggikan," kata Suprijanto. Yang bisa dilakukan sejauh ini adalah menutup lubang-lubang sepanjang jalan. Juga membuat saluran di sisi barat jalan raya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengakui Jalan Raya Porong memang sangat rawan karena sering kebanjiran saat hujan deras. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memperbaiki jalan tersebut. "Kami juga berusaha mencarikan jalur yang bisa digunakan untuk menghindari banjir," katanya. (gun/rek)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia