Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Pencuri Burung Dikepung Warga Balongbendo

25 Februari 2018, 16: 54: 30 WIB | editor : Lambertus Hurek

Dua tersangka pencuri burung diamankan polisi.

Dua tersangka pencuri burung diamankan polisi. (IST)

Share this      

Dua pencuri burung kawakan kena batunya. Aji Syakur Muhaimin alias Ajis, 19, warga Desa Barengkrajan RW 3, Krian,  dan Rosihan Anjar Fakhmi alias Rosi, 20, warga Desa Watugolong, RW 1, Krian, tertangkap pemilik burung di Dusun Sudimoro, Desa Jeruklegi, Kecamatan Balongbendo, Kamis (22/2), pukul 03.45. 

M Jawadul Kalim, 40, si empunya love bird, memergoki aksi tersangka. Sempat kejar-kejaran dengan warga, kedua pelaku kemudian diserahkan ke Polsek Balongbendo.

Kapolsek Balongbendo Kompol Sutriswoko mengatakan, kedua tersangka diduga sudah mengincar burung kicauan yang mahal itu. Diam-diam keduanya menuju ke sangkar burung yang digantung di terasa. "Korban terbangun dan keluar rumah untuk melihat burungnya," tutur Sutriswoko kemarin.

Mengetahui korban terbangun, kedua pelaku terkejut. Mereka pun lari ke arah jalan raya. Saat pagi buta itu, Jawadul Kalim mengejar sembari berteriak maling. Teriakan korban ini membangunkan tetangganya yang masih terlelap. Beberapa warga bangun untuk ikut menguber pencuri. 

"Tersangka dikepung dan tidak bisa berkutik. Petugas patroli yang melintas langsung mengamankan tersangka beserta barang buktinya," papar mantan anggota Panwaslu Kabupaten Sidoarjo itu.

Kompol Sutriswoko diduga tidak hanya sekali ini saja mencuri burung kicauan. Selain di Balongbendo, bisa jadi duet Ajis-Rosi beraksi di wilayah lain seperti Krian, tarik, Wonoayu, hingga Mojokerto. Rencananya, burung tersebut dijual dan uangnya dibagi dua oleh tersangka. 

"Karena kepergok, ya, mereka malah tinggal bersama di tahanan," tuturnya. (gun/rek)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia