Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Bakal Calon Kades Diumumkan lewat Kecamatan

25 Februari 2018, 16: 46: 46 WIB | editor : Lambertus Hurek

Bakal Calon Kades Diumumkan lewat Kecamatan

Tes seleksi bakal calon kepala desa (kades) yang pendaftarnya lebih dari 5 dilakukan pada 20 Februari lalu. Tim panitia kabupaten sudah mengantongi hasilnya, Jumat (23/2). Hasilnya yakni ada 25 nama calon kepala desa dari 5 desa yang pendaftarnya melebihi kuota. Berarti, masing-masing desa ada 5 orang yang lolos. 

Kepala Seksi Bina Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (DPM P3A KB) Sidoarjo M Makhmudi mengatakan, pada pengumuman hasil seleksi itu, pihaknya menyerahkan kepada panitia pilkades di tingkat kecamatan. "Siapa saja yang lolos bisa dilihat di kantor kecamatan," katanya.

Meski hasilnya sudah dikantongi, pengumuman baru akan dilakukan pada 27 Februari nanti. Pengumuman ini bersamaan dengan 70 desa yang menjadi peserta pemilihan kades. Pada pendaftaran calon kepala desa 23 hingga 31 Desember lalu ada 201 orang yang mendaftar. 

Selain menetapkan calon kades, Pemkab Sidoarjo juga menetapkan aturan warga yang boleh ikit pilkades. Pertama yakni usia pencoblos harus 17 tahun ke atas yang dibuktikan dengan kartu identitas diri. Sementara itu warga yang belum memiliki e-KTP diperbolehkan untuk memilih. 

”Cukup sudah melakukan perekaman dan menunjukkan surat keterangan (suket),” jelasnya.

Sedangkan untuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) baru akan diumumkan pada 6 hingga 8 Maret mendatang. Panitia diberi waktu satu hari untuk memberikan daftar pemilih tambahan. Jika memang ada yang belum masuk dalam DPS. (nis/jee) 

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia