Minggu, 19 Aug 2018
radarsurabaya
icon featured
Features
Sebaiknya Anda Tahu

Naik Tangga Cegah Menopause

Minggu, 18 Feb 2018 09:00 | editor : Abdul Rozack

MENOPAUSE: Bukan naik tangga yang kaya ini

MENOPAUSE: Bukan naik tangga yang kaya ini (ilustrasi)

Sehat itu tidak harus selalu didapat dengan cara yang sulit dan mahal. Melakukan aktivitas ringan sehari-hari, seperti naik tangga di kantor, menyeberang lewat jembatan penyeberangan orang (JPO) maupun di rumah, juga ditengarai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti dikutip dari Indian Express, menurut sebuah penelitian baru-baru ini, naik tangga merupakan salah satu bentuk aerobik yang tidak hanya membangun kekuatan kaki. Tapi, juga mengurangi masalah tekanan darah tinggi, terutama pada wanita yang lebih tua.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Menopause ini menunjukkan, selain menurunkan tekanan darah tinggi dan kekakuan pembuluh darah yang disebabkan oleh hilangnya elastisitas otot-otot arteri, menaiki tangga juga bisa mengurangi risiko osteoporosis. "Studi ini menunjukkan bahwa intervensi gaya hidup sederhana seperti menaiki tangga efektif mencegah atau mengurangi efek negatif dari menopause dan pada sistem vaskular dan otot kaki wanita pasca menopause dengan hipertensi," kata JoAnn Pinkerton, Direktur Eksekutif Amerika Utara Menopausal Society di Cleveland, AS.

Untuk keperluan penelitian ini, para peneliti mensurvei wanita pasca menopause. Kemudian peserta dilatih selama empat hari dalam seminggu dan diminta menaiki 192 anak tangga dua sampai lima kali sehari.

Hasilnya menunjukkan bahwa menaiki tangga membantu menurunkan kekakuan arteri dan tekanan darah tinggi, serta dapat meningkatan kekuatan kaki pada wanita dengan hipertensi pasca menopause stadium 2. (khe/opi)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia