Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Fasum Harus Bebas PKL

23 Januari 2018, 15: 26: 49 WIB | editor : Lambertus Hurek

Fasum Harus Bebas PKL

Fasilitas umum (fasum) di Sidoarjo masih banyak digunakan. Banyak di antaranya yang dipakai untuk berjualan oleh para Pedagang Kaki Lima (PKL). Meski sejak 2017 lalu Dinas Ketenteraman dan Ketertiban (Satpol PP) sudah sering melakukan melakukan penertiban, nyatanya PKL tetap balik kucing.

Tahun ini pun, penertiban PKL bakal digencarkan lagi. Targetnya seluruh fasum bersih dari PKL, terutama di empat titik yang telah ditetapkan. “Yakni di Jalan Majapahit, Gajah Mada, Perumahan Taman Pinang Indah (TPI), dan Gading Fajar,” kata Kepala Satpol PP Sidoarjo Widiyantoro Basuki.

Ia menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk mendata seluruh pedagang di keempat titik tersebut. Hasilnya, di jalan Majapahit dan Gajah Mada ada 360 PKL, di TPI 337 pedagang dan yang paling banyak di Gading Fajar sejumlah 1.200. 

Trotoar di Jl Gajah Mada diokupasi PKL.

Trotoar di Jl Gajah Mada diokupasi PKL. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Setelah didata, tahapan selanjutnya adalah sosialisasi dan peringatan. Seluruh pedagang diminta membongkar lapaknya sendiri. “Kami minta untuk pindah ke tempat relokasi yang lebih baik,” katanya.

Ada dua lokasi yang sudah disiapkan sebagai lahan relokasi PKL. Bagi pedagang di Jalan Majapahit dan Gajah Mada akan dipindahkan ke sentra di jalan yang sama. Sedangkan pedagang Gading Fajar, Pemkab menyiapkan lahan relokasi sementara di tanah Mahkamah Agung (MA) yang lokasinya di depan SMAN 2 Sidoarjo. Sementara itu untuk pedagang TPI dipindahkan ke kompleks GOR Delta. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan (DLHK) Bahrul Amig menjelaskan, Pemkab juga akan melibatkan warga dalam pemindahan pedagang TPI dan Gading Fajar. Sama sepeti tahun lalu, caranya dengan mempercantik lingkungan. Taman-taman juga kembali akan dihijaukan. ”Setelah itu dijaga oleh pemkab dan warga secara bersama-sama,” katanya. (nis/jee) 

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia