Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

KPU Surabaya Kebut Pemutakhiran DPT

17 Januari 2018, 18: 13: 46 WIB | editor : Wijayanto

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi (dok)

Share this      

SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya masih melakukan pemutakhiran data terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal tersebut sebagai tindak lanjut persiapan dari pemilihan gubernur (pilgub) 2018 yang dijadwalkan pada Juni nanti.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan, DPT terakhir yang dimiliki KPU untuk wilayah Surabaya yakni sekitar 2.136.000. Jumlah DPT tersebut masih fluktuatif karena menunggu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang sudah diserahkan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ke KPU pusat. “Kita juga koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, koordinasi tersebut juga berhubungan dengan jumlah pemilik e-KTP di Surabaya. Dalam aturan awal DPT harus harus sudah terdaftar dalam e-KTP. Meski e-KTP belum jadi nantinya ada surat keterangan yang berguna saat pencoblosan. “Koordinasi terus dilanjutkan agar tidak ada masyarakat yang kelewat masuk DPT,” ujarnya.

Selanjutnya, imbuhnya, saat ini KPU memiliki waktu untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) DPT dalam kurun waktu 20 Januari hingga 18 Februari. Dalam coklit tersebut akan diketahui secara pasti jumlah DPT yang akan ikut serta dalam pesta demokrasi pilgub 2018.

Menurutnya, koordinasi dengan KPU Jatim juga dilakukan agar pelaksanaan pilgub berjalan dengan lancar. Nantinya koordinasi juga terkait penyediaan logistik yang digunakan untuk pencoblosan. “Semua keperluan harus dihitung agar saat hari pencoblosan tidak ada yang kurang,” pungkasnya. (vga/nug)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia