Selasa, 16 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Sulitnya Mencari Pelaku Pembuangan Bayi di Tanggulangin

10 Januari 2018, 19: 08: 28 WIB | editor : Lambertus Hurek

Bayi yang ditemukan di kawasan Tanggulangin.

Bayi yang ditemukan di kawasan Tanggulangin. (DOK)

Share this      

Polisi masih mencari pelaku pembuangan dua bayi di Desa Wonoplintahan, Kecamatan Prambon, dan Desa Gagangpanjang, Kecamatan Tanggulangin, Minggu (7/1) lalu. Polsek Prambon dan Polsek Tanggulangin belum menemui titik terang pelaku yang tega membuang dua bayi tersebut.
Kanitreskrim Polsek Prambon Ipda Dedy Agus Purwanto berharap, informasi yang disebar di kalangan bidan di Kota Delta bisa membantu pencarian. Pihaknya masih menunggu informasi dari bidan yang pernah menangani bayi dengan ciri-ciri memiliki tanda lahir di punggungnya itu.
“Kami masih menunggu kabar tersebut. Selain itu, kami juga terus berusaha datang ke bidan-bidan dan rumah sakit,” ujar Dedy, Selasa (9/1).
Dari pengalaman penemuan bayi-bayi tahun lalu, menurut dia, jika ada bidan yang menangani bayi tersebut, maka infonya tidak akan lama. Itu kalau bayi itu lahir di wilayah Sidoarjo atau perbatasan Mojokerto. “Bila tidak, bisa jadi dilahirkan di luar Sidoarjo,” terangnya.
Sementara itu, Kanitreskrim Polsek Tanggulangin Ipda Idham mengatakan, pencarian mulai melebar ke kecamatan-kecamatan lain di sekitar Tanggulangin. Pihaknya juga mendata persalinan yang dilakukan di rumah sakit serta bidan dalam kurun waktu seminggu ini. Ia geram dengan pelaku yang tega membuang bayinya bersama empat anak kucing tersebut. “Ini sudah tidak manusiawi. Apalagi bayi yang lahir prematur ini juga ditemukan bekas cakaran kucing di kepalanya,” katanya.
Seperti diberitakan, dua bayi sekaligus ditemukan di dua tempat berbeda, Minggu (7/1) pagi. Bayi perempuan ditemukan di sebuah punden di tengah sawah Dusun Pejantran, Desa Wonoplintahan, Kecamatan Prambon, sekitar pukul 06.00. Penemuan kedua bayi laki-laki terjadi di Balai Pertemuan Petani, Dusun Bale Panjang, Desa Gagangpanjang, Kecamatan Tanggulangin, sekitar pukul 08.00. Kedua bayi tersebut sekarang dirawat di RSUD Sidoarjo. (gun/rek)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia