Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Bentuk PPDP untuk Coklit

09 Januari 2018, 19: 00: 39 WIB | editor : Lambertus Hurek

Abdillah Adhi

Abdillah Adhi (DOK)

Share this      

SALAH satu persiapan menjelang Pilkada 2018 serta Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo membentuk (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Proses ini sebetulnya sudah mulai dilaksanakan sejak 19 Desember 2017 dan akan selesai 17 Januari 2018.
Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Perencanaan dan Data Abdillah Adhi mengatakan pembentukan PPDP diusulkan dari masing-masing PPS yang nantinya diajukan ke PPK. “Setelah dari PPK kemudian diajukan ke KPU,” katanya.
Menurut Adhi, pembentukan PPDP diharapkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih di tingkat RT dan RW menjadi lebih mudah. Selain itu proses tersebut juga menghasilkan data pemilih yang valid sehingga masyarakat bisa ikut dalam pilkada mendatang.
Nantinya, sebelum bertugas, PPDP ini akan diberikan bimbingan teknis terlebih dahulu seputar apa yang harus dilaksanakan. Saat terjun ke lapangan juga mereka akan dibekali kartu identitas oleh KPU supaya menjadi keabsahan ketika mendatangi warga.
“Coklit dilakukan langsung dengan cara mendatangi rumah ke rumah nama-nama warga yang tercantum di TPS. Jika ada data yang tidak lagi sesuai, atau justru ada yang belum terdaftar, segera bisa dilakukan perbaikan,” tambahnya.
Diterangkan Adhi, hasil kerja PPDP ini akan menjadi cikal bakal Daftar Pemilih Sementara (DPS). “DPS nanti diinput lagi oleh Petugas Pemungutan Suara ke Sistem Informasi Data Pemilih hingga akhirnya menjadi Daftar Pemilih Tetap,” jelasnya. (mus/jee)

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia