Minggu, 22 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Polisi Masih Cari Pelaku Pembuang Bayi

09 Januari 2018, 18: 58: 40 WIB | editor : Lambertus Hurek

Tanda lahir (toh) bayi yang ditemukan di Sidoarjo.

Tanda lahir (toh) bayi yang ditemukan di Sidoarjo. (GUNTUR IRIANTO/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Sehari setelah ditemukan, polisi masih mencari pelaku pembuangan bayi perempuan di sebuah punden di Dusun Pejantran, Desa Wonoplintahan, Kecamatan Prambon, Minggu (7/1) pagi. Penyelidikan dimulai dari kemungkinan bayi sebelum dibuang telah mendapatkan perawatan medis. Indikasi itu karena bayi yang dibuang dilengkapi kain kassa.
Kanitreskrim Polsek Prambon Ipda Dedy Agung Purwanto mengatakan pihaknya masih sudah mendatangi bidan-bidan, klinik atau rumah sakit untuk mencari informasi ibu yang baru melahirkan. Selain itu, polisi juga menyebarkan ciri-ciri bayi, yakni memiliki tanda lahir (toh) di punggung.
“Sampai dengan saat ini masih belum ada perkembangan. Saya sudah sebar anggota ke rumah sakit, bidan hingga puskesmas untuk mencari informasi,” jelasnya.
Ia mengatakan, penyelidikan ke tempat-tempat pelayanan kesehatan itu bermodalkan ciri-ciri bayi perempuan itu. Salah satu ciri yang terlihat adalah tanda lahir di punggung bayi dengan diameter sekitar dua sentimeter. Tanda lahir ini yang dijadikan kepolisian untuk meminta bantuan dokter dan bidan guna membantu mencarikan informasi di mana bayi ini dilahirkan. “Selain itu ada juga tulisan pada obat pelancar air susu ibu (ASI) pada obat tersebut terlihat ada tulisan 2x1. Kemungkinan bidan mengetahuinya atau ingat jika pernah membantu persalinannya,” terangnya.
Sementara itu, Kapolsek Tanggulangin Kompol Sirdi mengatakan, pihaknya juga masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui pelaku pembuangan bayi di Desa Gagangpanjang, Tanggulangin, Minggu (7/1) pagi. “Kami masih menyelidiki dan mencari siapa pelaku pembuang bayi itu,” jelasnya.
Seperti diketahui, dua bayi sekaligus ditemukan di dua tempat yang berbeda di wilayah Sidoarjo. Penemuan pertama bayi laki-laki di sebuah warung atau punden di tengah sawah Dusun Pejantran, Desa Wonoplintahan, Kecamatan Prambon sekitar pukul 06.00. Penemuan kedua di balai pertemuan petani di Dusun Bale Panjang, Desa Gagangpanjang, Tanggulangin, sekitar pukul 08.00. Kedua bayi tersebut sekarang berada di RSUD Sidoarjo untuk mendapat perawatan. (gun/jee)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia