Senin, 20 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

Sampaikan Pesan Moral Melalui Seni Mural

09 Januari 2018, 10: 15: 03 WIB | editor : Aries Wahyudianto

KREASI: Salah satu peserta Inside saat menggambar mural yang berisi pesan moral di dalamnya., kemarin.

KREASI: Salah satu peserta Inside saat menggambar mural yang berisi pesan moral di dalamnya., kemarin. (Esti/Radar Gresik)

Share this      

KEBOMAS –  SMA Muhammadiyah 1 Gresik berlomba untuk menyampaikan pesan moral melalui seni mural. Mereka berharap bisa menghasilkan lukisan mural yang mudah dicerna masyarakat. Lomba ini diikuti sejumlah siswa dari beberapa sekolah tingkat SMP.

Beberapa siswa ada yang mengkritik terkait  realita pemuda saat ini, dimana mereka terlalu bergatung dengan barang elektronik dan menghambat kreatifitas pemuda dan membuat mereka menjadi anti sosial.

“Jadi miris melihat anak muda yang masih belum sadar akan tanggungjawabny a menjaga kelestarian alam, karena kita seniman lukis, jadi kami bisa melakukankampanyepun dari lukisan ini,” ungkap Tegar A. Riza, siswa SMPM 12 Paciran.

Sementara itu,  Ketua Pelaksana lomba SMAM 1 Gresik Dewi Musdalifa mengatakan, puluhan karya lukisan mural ini nantinya diletakkan layaknya iklan layanan masyarakat. Tepatnya, di lokasi SMAM 1 yang baru saat proses pembangunan. “Sehingga masyarakaty ang melewati jalan akan bisa mencerna sosialisasi dan pesan moral melalui lukisan mural ini sendiri,” terangnya.

Ia menyebut, kegiatan kompetisi mural dengan pesan moral ini bertujuan untuk mengasah kemampuan anak-anak muda dalam bidang seni lukis dan asah kreatifitas “Ternyata mereka memiliki ide-ide kreatiof untuk memberiokan pesan moral dengan penampilan yang bernilai seni. Kita juga libatkan Komunitas  seni rupa id Gresik, yakni Gasruk untuk memberi arahan dan penilaian,” imbuh dia. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia