Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Normalisasi Saluran untuk Percepat Sudet Genangan

08 Januari 2018, 16: 07: 26 WIB | editor : Wijayanto

BIAR LANCAR: Salah satu saluran air di Gembili Raya yang dilakukan penertiban. Sebelumnya di saluran tersebut terdapat bangle untuk mandi.

BIAR LANCAR: Salah satu saluran air di Gembili Raya yang dilakukan penertiban. Sebelumnya di saluran tersebut terdapat bangle untuk mandi. (VEGA DWI ARISTA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya terus berupaya agar genangan air yang terjadi di kawasan Surabaya bisa segera surut dengan cepat. Normalisasi sungai dan saluran yang saat ini dilakukan sebagai cara agar tidak ada luberan air yang bisa menyebar di kawasan pemukiman dan jalan.
Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya Erna Purnawati mengatakan, tidak hanya di kawasan Jagir, tetapi sejumlah kawasan telah menjadi fokus kegiatan normalisasi. Saluran kecil hingga besar menjadi target pembersihan meski ditempati bangunan liar (bangli).
“Masalah bangli kita sudah koordinasi dengan Satpol PP,” jelasnya.
Menurutnya, minimalisir genangan tidak hanya menggunakan pompa air. Namun, saat ini ada sejumlah saluran yang butuh normalisasi karena kondisinya sangat memprihatinkan. Di antaranya banyaknya endapan hingga tersumbat. “Jika saluran semuanya sudah oke baru nanti kita lakukan penambahan pompa air lagi,” terangnya.
Ketua Komisi C DPRD Surabaya Syaifuddin Zuhri mengatakan, fokus pencegahan banjir harus dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Sehingga, jika ada hujan deras dengan intensitas yang lama bisa langsung diatasi dengan penyerapan air yang cepat serta penanggualangn genangan yang tepat. “Kami dukung normalisasi di sejumlah tempat tetapi harus ada prioritasnya,” jelasnya.
Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, prioritas itu dilakukan bagi pencegahan di kawasan rawan banjir. Sehingga, ketinggian air saat genangan bisa dikurangi. (vga/rud)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia