Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Steamboat ala Thailand di Quest, Sajikan Pilihan hingga 75 Item

04 Januari 2018, 13: 57: 18 WIB | editor : Abdul Rozack

ALL YOU CAN EAT: Lala Lailia mengambil aneka ragam isian yang akan dimasak di panci steamboat. Thai Steamboat ala Quest Hotel Surabaya menyajikan seki

ALL YOU CAN EAT: Lala Lailia mengambil aneka ragam isian yang akan dimasak di panci steamboat. Thai Steamboat ala Quest Hotel Surabaya menyajikan sekitar 75 item dari appetizer hingga dessert. (ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Bagi sebagian orang, memasak ketika datang makan ke restoran memang sudah tak asing lagi. Suasana yang ditawarkan memang terasa berbeda karena membuat orang menjadi lebih punya banyak waktu mengobrol sembari menunggu masakan matang. Dinamakan steamboat atau hot pop, cara makan sekaligus memasak itu menjadi populer di kawasan Asia. Tak terkecuali Indonesia. Beragam restoran menyajikan ragam steamboat yang tentunya memiliki kekhasannya masing-masing. Seperti Crystal Café, misalnya. Restoran yang berada di area lobi Quest Hotel Surabaya ini menyajikan Thai Steamboat. Sebanyak 75 item dari appetizer hingga dessert khas Thailand tersaji cantik, siap untuk dimasak di panci steamboat. 

“Sengaja kami mengangkat ragam makanan khas Thailand karena memang makanannya sesuai dengan lidah Indonesia,” tukas Suherman, executive chef Quest Hotel Surabaya saat ditemui Rada Surabaya, Rabu (3/1).

Menurut Suherman, makan dengan memasak menggunakan panci steamboat memang sesuai selera. Apapun isiannya bisa dimasukkan ke dalam panci berisi dua pilihan kaldu. Ada kuah kaldu ayam atau kuah tom yam, semuanya lezat. Memasaknyapun juga tak butuh waktu lama. Hanya sekitar lima menit, steamboat siap dimakan hangat-hangat. Diapun memberikan resep campuran isian makan steamboat. “Steamboat pilihan saya itu ada mie udonnya, pokcoy, batik clams, thai fish cake, siomay, roll chicken, inoki mushroom, dan juga okrah. Dimasaknya di kuah kaldu ayam. Dijamin mantap,” ujarnya. 

Jika kurang pedas, Suherman telah menyiapkan sambal-sambal khas Thailand yang salah satunya adalah sambal nam prik yang terbuat dari beras disangrai dan dicampur dengan bahan-bahan seperti bawang merah, cabe kering, daun jeruk. 

Untuk dessert, chef murah senyum ini telah menyiapkan mango sticky rice. Menu unik ini mengkombinasi mangga dengan ketan yang di atasnya sudah diberi siraman santan yang membuat dessert satu ini memiliki rasa cukup manis. Selain itu masih ada known ton yang memiliki bentuk dan rasa seperti klepon jika disamakan dengan jajanan Indonesia, sai-sai yang seperti kue bugis dengan isian gula jawa, atau tacoh yang seperti kue talam. “Jajanan Thailand hampir sama dengan jajanan Indonesia. Seperti rum mit ini, kalau di Indonesia dia dikatakan es campur. Namun di rum mit, ada isian bengkoangnya,” jelasnya. Tak ketinggalan, chayen dan coffee yen yakni teh dan kopi khas Thailand siap disuguhkan. (rul/hen) 

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia