Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Persona Surabaya
Cyber Security

Rektor Unnar Dapat Perhargaan dari Kroasia

04 Januari 2018, 13: 54: 24 WIB | editor : Abdul Rozack

BUAH KERJA KERAS: Duta Besar Republik Kroasia di Indonesia HE Drazen Margeta menganugerahkan penghargaan kepada Rektor Unnar Iswachyu Dhaniarti di Hot

BUAH KERJA KERAS: Duta Besar Republik Kroasia di Indonesia HE Drazen Margeta menganugerahkan penghargaan kepada Rektor Unnar Iswachyu Dhaniarti di Hotel Borobudur, Jakarta, pekan lalu. (ISTIMEWA)

SURABAYA – Kerja keras yang dilakukan Iswachyu Dhaniarti, Rektor Universitas Narotama (Unnar) untuk menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga, baik di dalam maupun luar negeri, telah membuahkan hasil.  

Iswachyu telah mendapatkan  penghargaan dari Pemerintah Kroasia. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh HE Drazen Margeta, Duta Besar Republik Kroasia untuk Indonesia. Penyerahannya berlangsung  di Hotel Borobudur, Jakarta pada Kamis (21/12) lalu. 

Penghargaan tersebut diberikan Pemerintah Kroasia atas kiprah aktifnya Unnar dalam mendukung kerja sama bilateral Indonesia-Kroasia. Perguruan Tinggi yang berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim Surabaya  ini telah bekerjasama dengan Algebra University Kroasia dalam  program Students Mobility. Selain itu penghargaan tersebut diberikan  atas dasar Unnar Surabaya telah mengimplementasikan kerja sama di bidang cyber security, dengan menggandeng Pemerintah Kota Surabaya, DPRD Kota Surabaya serta perusahaan Teknologi Informasi (TI) asal Kroasia, INsig2Kroasia. 

Menindaklanjuti kerjasama tersebut kata Rektor, kota Surabaya akan menjadi tuan rumah seminar internasional Data Focus yang mengangkat isu cyber security pada Maret 2018 mendatang. Kemudian disusul dengan Training Cyber Security bagi aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur dengan Trainer dari Unnar Surabaya  dan INSig2 Kroasia. 

Pada ajang silaturahim yang diadakan oleh Irjen Pol Machfud Arifin, Kapaloda Jatim dengan beberapa komunitas IT dan para hiker serta secara khusus dengan Unnar pada beberapa waktu yang lalu, Kapolda Jatim  meminta Unnar untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengisi aparat Kepolisian yang paham TI. Di Polda Jatim, nama Unnar sudah tidak asing lagi. Ada salah satu mahasiswa Unnar yang di-hire Polda Jatim yaitu Jordan Andrean, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika. 

Ia merupakan mahasiswa yang berprestasi,  terpilih sebagai salah satu delegasi “Pemuda Indonesia Mendunia” chapter Korea Selatan. Jordan lolos seleksi dari 1.000 lebih mahasiswa dari berbagai  Perguruan Tinggi yang mengikuti ajang ini.  Ia menempati peringkat ke-5.

Tawaran tersebut disambut baik oleh Rektor. Langkah yang diambil yaitu Unnar akan membentuk lembaga Training Center untuk mencetak SDM yang paham TI. “Di Kepolisian masih banyak membutuhkan SDM yang paham TI. Dengan harapan lulusan dari Unnar Surabaya  bisa  menangkap peluang ini dan bergabung di Kepolisian,” kata Rektor yang biasa di sapa Yayuk ini. (yad/hen)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia