Rabu, 24 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

PA Sidoarjo Gelar Sidang Keliling

21 Desember 2017, 06: 20: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

SEDERHANA: Suasana sidang keliling PA Sidoarjo di Desa Ngaban, Tanggulangin.

SEDERHANA: Suasana sidang keliling PA Sidoarjo di Desa Ngaban, Tanggulangin. (DOK)

Share this      

Selain sidang rutin, Pengadilan Agama (PA) Sidoarjo juga mengadakan sidang keliling ke sejumlah kawasan di Kota Delta. Di antaranya, di Kelurahan Wonocolo, Kecamatan Taman, dan Desa Ngaban, Kecamatan Tanggulagin. 

Ketua PA Sidoarjo Dr Mohamad Jumhari mengatakan, sidang keliling merupakan salah satu usaha untuk mempermudah akses yang seluas-luasnya bagi para pencari keadilan. Ini sesuai kebijakan Mahkamah Agung (MA) tentang Justice for All. "Fokusnya untuk memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu," katanya kemarin.

Menurut Jumhari, Desa Ngaban, Tanggulangin, dipilih sebagai salah satu tempat sidang keliling karena balai desanya mudah dijangkau oleh masyarakat. Balai desa itu juga berada di pinggir jalan dan dilalui banyak kendaraan umum. Ada halte Trans Sidoarjo yang berada tepat di depan balai desa.

Sidang Keliling tersebut dibuka oleh Ketua PA Sidoarjo Mohamad Jumhari, yang didampingi Kepala Desa Ngaban.  Sesuai dengan agenda yang telah ditentukan, ada 18 perkara  yang ditangani. "Jumlah perkara yang dimediasi satu perkara," katanya.

Meski tidak diadakan di ruang sidang PA Sidoarjo, menurut dia, prosesnya berlangsung seperti biasa. Ada hakim ketua, dua hakim anggota, panitera, serta mediator. "Alhamdulillah, sidang berjalan dengan lancar dan tertib hingga selesai," katanya. (mus/rek)

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia