Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Bantuan Korban Puting Beliung Tinggal Menunggu Buku Tabungan

16 Desember 2017, 05: 30: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

Salah satu rumah yang rusak di Tambakrejo Waru.

Salah satu rumah yang rusak di Tambakrejo Waru. (DOK)

Share this      

Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo sudah melakukan verifikasi data tentang bencana angin puting beliung yang menerjang Dusun Simomulyo RT 15 RT 4 dan Dusun Simorejo RT 16 RW 5 Desa Kesambi, Porong. Hasilnya 10 rumah dinyatakan mengalami kerusakan ringan. Namun mengenai bantuan yang akan diberikan, pihak BPBD belum menentukannya.

Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan hingga saat ini pihaknya masih mengkoordinasikan terlebih dulu terkait pemberian bantuan untuk korban angin puting beliung di Porong itu. Dari hasil verifikasi, kerusakan yang diderita warga tidak terlalu parah. “10 rumah tersebut mengalami rusak atap dan kerusakannya ringan. Kami masih rapatkan untuk pemberian bantuannya,” kata Dwijo.

Sementara itu, untuk pemberian bantuan ke warga tiga desa yaitu Desa Tambakrejo, Tambaksawah, dan Tambaksumur sudah proses pembuatan tabungan. Uang bantuan sebesar Rp 1,591 miliar dan tambahan dari pihak swasta Rp 500 juta sudah siap dikucurkan. 

“Sudah siap cair, tapi masih menunggu pembuatan buku tabungan,” jelasnya. Ia mengungkapkan, pembuatan tabungan ini untuk mempermudah pengambilan dan juga meminimalisir pengurangan jumlah bantuan pada setiap korban. 

Seperti diketahui dari hasil verifikasi korban puting beliung tiga desa di Kecamatan Waru ini, data verifikasi ada 752 rumah yang mengalami rusak berat, sedang dan ringan. Untuk bantuan rumah rusak Rp 1 juta sampai Rp 5 juta. Sedangkan korban luka-luka sebanyak 22 orang mendapatkan bantuan Rp 1 juta per orang. Sementara untuk korban meninggal dunia 2 orang masing-masing Rp 4 juta.

“Setelah selesai semua kami akan langsung bagikan ke warga yang terdaftar dan sudah terverifikasi,” terangnya. (gun/jee) 

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia