Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Persona Surabaya
Terima Kasih Warga Surabaya

M Iqbal Resmi Sandang Pangkat Jenderal

13 Desember 2017, 07: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

SELAMAT: Brigjen Pol Mohammad Iqbal menerima ucapan selamat dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian usai dikukuhkan bintangnya di Rupatama Mabes Polr

SELAMAT: Brigjen Pol Mohammad Iqbal menerima ucapan selamat dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian usai dikukuhkan bintangnya di Rupatama Mabes Polri, Selasa (12/12). (Ahmad Syaiku/Radar Surabaya)

JAKARTA- Keberhasilan menjaga kota Surabaya dalam  ketertiban dan keamanan serta innovasi layanan menjadikan Mohammad Iqbal SIK MH meraih satu bintang.  Kini Iqbal bergelar brigade jenderal (brigjen)  polisi. 

Upacara pengukuhan Brigjen Pol Muhammad Iqbal   dipimpin Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri,  Selasa (12/12). Di Mabes Polri Iqbal mendapat promosi jabatan sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri.

Selain Iqbal yang naik pangkat ada Sembilan komisaris besar (kombes) menjadi brigjen yang juga mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Lewat upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi (Pati) Polri, Jenderal Tito Karnavian selaku inspektur upacara mengesahkan kenaikan pangkat 16 perwiranya. Upacara dilakukan di gedung Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

  Apa kata Iqbal setelah di pundaknya ada satu bintang?  "Kenaikan pangkat ini merupakan amanah yang diberikan negara kepada saya.  Untuk itu saya harus bisa menjaga dan selalu bertekad mrlayani masyarakat terutama masyarakat Surabaya yang sangat saya banggakan. Juga berkat doa semua konco-konco Suroboyo.  Jujur saja saya sangat senang dinas di Kota Pahlawan.  Warganya kompak,  tertib, dan mau diajak kerjasama dalam menjaga keamanan dan ketertiban.  Itu saya rasakan selama dinas di Surabaya mulai jadi kasat lantas, wakapolrestabes, sampai akhirnya jadi Kapolrestabes Surabaya," kata Iqbal. 

Bagi Iqbal, Polri tidak ada apa-apanya tanpa peranserta masyarakat.  Dan tak kalah pentingnya kekompakan forpimda cukup memberikan andil besar dalam mewujudkan keamanan dan rasa aman warga Surabaya.  

"Anda lihat sendiri semua jadi tertib,  demo boleh dan dilindungi undang-undang tapi kalau dikelola dengan baik, diakomodasi  mereka bisa tertib.  Begitu juga dengan bonek (julukan suporter sepakbola Surabaya) semuanya bisa tahu bagaimana Surabaya selama kepemimpinan saya.  Kondisi seperti ini harus terus dijaga.  Caranya,  bersenergi dengan siapapun, " jelasnya. 

   Menurut Iqbal, dengan pangkat brigjen secara otomatis  pola pikir saya harus berubah dibanding kombes pol.  Tapi tetap tujuannya melayani masyakat.  "Yang saya harapkan warga dan forpimda Surabaya harus tetap guyup, seduluran kabeh,  kekancan saklawase.  Bantu Pak Kapolrestabes Kombes Pol Rudi Setiawan sebagaimana membantu saya saat di Surabaya,  ingat Together we are strong,” pungkas Iqbal kepada Radar Surabaya.  

Sementara itu, perwira tinggi yang mendapat kenaikan pangkat dari brigjen ke inspektur jenderal (irjen) yakni Pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) Irjen Sistersins Mamadoa, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Didi Haryono, Pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) Irjen Dunan Ismail Isya, Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Bambang Purwanto, Pati Bareskrim Polri (penugasan pada OJK) Irjen Rokhmad Sunanto, dan  Pati SSDM Polri (penugasan di PPATK) Irjen Firman Shantyabudi.

Sedangkan perwira menengah yang mendapat kenaikan pangkat dari kombes ke brigjen (perwira tinggi) adalah Karojianstra Sops Polri Brigjen Wahab Saroni, Pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) Brigjen Andjar Dewanto, Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Agus Kurniady Sutisna, Pamen Divisi Propam Polri (penugasan pada Badan Pengesahan Kawasan Perdagangan Bebas) Brigjen Suherman, Pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) Brigjen Bambang Hasto Broto, Wakil Ketua Bidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri Brigjen Yudawan Roswinarso, Pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) Brigjen Imam Margono, Kapuslitbang Polri Brigjen Indro Wiyono, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal, dan Pati Densus 88 Antiteror Polri (penugasan pada BNPT) Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono.(iku/hen)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia