Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Wuih... Enam Pejabat Daftar Seleksi Sekda

16 November 2017, 11: 00: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

Wuih... Enam Pejabat Daftar Seleksi Sekda

Proses pendaftaran Sekretaris Daerah (Sekda) dan Jabatan Pemimpin Tinggi (JPT) Pratama ditutup Rabu (15/11) pukul 16.00. Di hari terakhir itu, beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sidoarjo berdatangan ke kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Mereka mendaftar sebagai calon sekda atau mengajukan diri sebagai JPT Pratama.

Anggota panitia seleksi (pansel) Sekda dan JPT Pratama, Sri Witarsih mengatakan, total ada 49 PNS yang mendaftar. Dari jumlah tersebut, dua pejabat kepala dinas (kadis) dan empat kepala badan mendaftar untuk Sekda, sisanya mendaftar JPT Pratama. 

“Jumlah yang mendaftar melebihi ekspektasi panitia,” ujarnya.

Keenam pejabat yang mengikuti seleksi Sekda adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Medi Yulianto dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Asrofi. Sedangkan empat yang kepala badan yakni Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Achmad Zaini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dwijo Prawito, Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Joko Santosa, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Mulyawan.

Sri menjelaskan, setiap posisi minimal jumlah pendaftarnya lima orang. “Jika jumlah itu tidak tercapai maka pansel harus memgambil langkah, seperti memperpanjang waktu pendaftaran atau menurunkan grade persyaratannya,” paparnya. 

Namun panitia tidak sampai melakukan hal itu karena banyaknya pendaftar. Bahkan ada dua posisi kepala OPD yang pendaftarnya lebih dari lima, yakni 8 orang dan 10 orang. Sayangnya Sri enggan menyebutkan OPD tersebut. "Yang jelas semua sudah melebihi batas minimal," imbuhnya.

Selanjutnya, 49 peserta akan menjalani seleksi administrasi. Hasilnya akan diumumkan pada 17 November besok. Bagi PNS yang sudah mendaftar, Sri meminta mereka untuk mempersiapkan diri. Sebab setelah seleksi administrasi nanti akan ada serangkaian tes lainnya.

Tes tersebut meliputi tes kompetensi manajerial, kesehatan, hingga wawancara. Setiap PNS yang daftar juga diminta untuk mengecek melalaui web BKD dan Pemkab Sidoarjo. "Belajar lagi, jaga kesehatan, dan jangan sampai ada tahapan yang terlewat," tuturnya. (nis/jee) 

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia