Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Rumah Pintar KPU Diminati Pelajar

07 November 2017, 08: 35: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

MELEK POLITIK: Ketua KPU Sidoarjo M Zainal Abidin memberikan penjelasan tentang teknik pemungutan suara kepada para pelajar.

MELEK POLITIK: Ketua KPU Sidoarjo M Zainal Abidin memberikan penjelasan tentang teknik pemungutan suara kepada para pelajar. (VEGA DWI ARISTA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

KOTA-Rumah Pintar Pemilu 'Pendopo Delta' di kantor KPU Sidoarjo diminati para pelaja. Ruang yang berada di sisi timur lantai 1 kantor KPU di Jalan Raya Cemengkalang, Sidoarjo, itu  sejak diresmikan pada awal tahun menjadi jujukan pelajar untuk menambah ilmu soal pemilu.

Ketua KPU Sidoarjo M Zainal Abidin mengatakan, rumah pintar pemilu menjadi ruang bagi siapa pun untuk belajar sistem pemilu. Di ruang tersebut ada daftar anggota KPU pusat, Jatim, dan Sidoarjo. Selain itu, tata cara pencoblosan dan nama partai politik peserta pemilu.

Meski terbuka untuk umum, sejauh ini mayoritas pengunjung rumah pintar adalah pelajar. KPU juga membuka pintu bagi politisi untuk memperdalam wawasan tentang pemilu. "Politisi jangan sungkan datang untuk belajar," ujar dosen sebuah perguruan tinggi swasta itu.

Menurut Zainal, tahapan pemilihan gubernur (pilgub) Jatim 2018 menjadi salah satu topik yang banyak ditanyakan. Saat ini proses pemilihan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sedang dilakukan. "Tahapan-tahapan pilgub memang harus diketahui oleh semua masyarakat," ujarnya. (vga/rek/rud) 

(sb/vga/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia