Jumat, 26 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Kota Lama
Bekas Kantor Konjen India di Jl. Pahlawan (5)

Digunakan untuk berkumpul orang India

26 September 2017, 06: 50: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Meskipun dibanguan sekitar 1920an, bangunan tua yang ada di Jalan pahlawan nomor 17 dan 18 ini tetap terawat. Dimana bangunan yang saat ini digunakan oleh warung kopi ini memang sempat digunakan oleh komunitas orang India yang ada di Surabaya untuk berkum

Meskipun dibanguan sekitar 1920an, bangunan tua yang ada di Jalan pahlawan nomor 17 dan 18 ini tetap terawat. Dimana bangunan yang saat ini digunakan oleh warung kopi ini memang sempat digunakan oleh komunitas orang India yang ada di Surabaya untuk berkum (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Meskipun dibanguan sekitar 1920an, bangunan tua yang ada di Jalan pahlawan nomor 17 dan 18 ini tetap terawat. Dimana bangunan yang saat ini digunakan oleh warung kopi ini memang sempat digunakan oleh komunitas orang India yang ada di Surabaya untuk berkumpul. Ini dikarenakan pemilik sebelumnya merupakan orang India asli yang mendirikan toko buku.

Moch Khaesar J.U-Wartawan Radar Surabaya 

Dimana bangunan ini memang sudah beberapa kali dilakukan renovasi namun tetap tidak merubah ciri khas dari bangunan ini. Selain ada beberapa ornament atau sentuhan gaya India tak membuat bangunan bekas Kantor Konjen India ini hilang sentuhan arsitektur Belanda.

Pengamat Heritage, Noor Setiawan menjelaskan selain menjadi tempat konsulat Jendral (Konjen) India, gedung ini memang sempat digunakan untuk komunitas orang India yang ada di Surabaya. Dimana pemilik Narain yang merupakan warga asli India ini tak segan untuk mempersilahkan tempatnya digunakan untuk berkumpul warga India yang ada di Surabaya. “Dimana memang beberapa kali digunakan untuk komunitas India dan mengadakan acara di gedung ini,” terang Noor.

Noor mengatakan Narain sendiri yang merupakan warga Negara India ini memang seorang yang dermawan, dan tak segan untuk membantu warga yang dalam kesulitan. Dimana pada masa itu, Narain merupakan pengusaha buku terkenal ini kerap membantu masyarakat sekitar. “Dimana memang saat itu toko buku yang dimiliki ini memang cukup terkenal, dan cukup besar pada massa itu,” bebernya.

Bangunan bekas Kantor Konjen India ini memang sudah cukup lama, dimana bangunan ini memang tidak banyak berubah. Dimana jendela, serta pintu yang ada di bangunan ini memang cukup besar. Ini seperti halnya rumah atau bangunan jaman Belanda.

Dimana dengan banyaknya fentilasi pada bangunan ini yang membuat dingin dan nyaman jika menikmati kopi di gedung yang ada di Jalan Pahlawan ini. Dimana bangunan  dilantai satu ini tidak memiliki skat yang menjadi pembatas, ini dikarenakan lantai satu lalu digunakan toko buku.

Meskipun begitu, bangunan bekas Kantor Konjen India yang memang cukup besar ini, memang dahulunya kerap digunakan pesta untuk orang India. “Karena memang lantai satu ini cukup luas jadi kerap ada kegiatan dan acara orang India dilantai bawah,” terang Noor.

(sb/sar/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia