Kamis, 19 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

PDAM Delta Tirta Bangun Booster di Wage

Kamis, 12 Jul 2018 21:38 | editor : Lambertus Hurek

Instalasi pengolahan air milik PDAM Delta Tirta di Tawangsari Taman.

Instalasi pengolahan air milik PDAM Delta Tirta di Tawangsari Taman. (DOK)

Peningkatan layanan terus dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo. Sebuah booster di wilayah Wage, Kecamatan Taman, akan dibangun. Tujuannya agar persebaran air bersih merata ke seluruh wilayah di Sidoarjo.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Pelayanan PDAM Delta Tirta Heru Firdausi mengatakan, pelayanan PDAM di wilayah timur memang sering dikeluhkan. Terutama di kawasan Gedangan dan Sedati. Keluhan yang banyak diterima adalah debit air kecil.

Heru menjelaskan, minimnya layanan PDAM di wilayah tersebut disebabkan oleh jarak yang terlalu jauh. Pasokan air yang dialirkan berasal dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tawangsari, Taman. Untuk mengalirkan air hingga ke Gedangan dan Sedati, air harus dipompa. “Tekanan terlalu kecil sehingga laju air lambat yang membuat debit air juga kecil,” katanya. 

Untuk mengatasi hal tersebut, PDAM akan membangun booster di Wage, Kecamatan Taman. Sehingga nantinya air dari IPA Tawangsari akan ditampung sebelum dipompa menuju Gedangan dan Sedati. 

Dalam pembangunan booster tersebut, PDAM akan bekerja sama dengan pengembang perumahan. Seluruh pekerjaan fisik ditangani perumahan. Setelah tuntas, PDAM akan mengalirkan air. 

Sementara itu, Pjs Direktur Utama PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao mengatakan, kapasitas booster 1000 liter per detik. Pembangunannya akan dilakukan selama dua semester. Untuk semester pertama dibangun dengan kapasitas 500 liter per detik dulu. 

Basit menjelaskan, pembangunan booster itu merupakan rangkaian kegiatan peningkatan layanan PDAM. Tenggat waktunya enam bulan. Tahun ini, perusahaan daerah itu mentargetkan penambahan layanan. “Saat ini 1.200 liter per detik dan akan ditambah menjadi 2.500 liter per detik,” pungkasnya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia