Kamis, 19 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Bulan Depan Mulai Bebaskan Lahan FR

Kamis, 12 Jul 2018 21:29 | editor : Lambertus Hurek

Jalur FR di kawasan Buduran yang belum dibebaskan.

Jalur FR di kawasan Buduran yang belum dibebaskan. (DOK)

Pembebasan lahan Frontage Road (FR) tahun ini terus dikebut oleh Pemkab Sidoarjo. Bulan depan proses pembebasannya dimulai. Anggaran sebanyak Rp 84 miliar sudah disiapkan untuk membebaskan lahan.

 Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, dalam pembebasan lahan ini pihaknya bekerja sama dengan Kantor Pertanahan. Kantor Pertanahan bertugas menentukan kepemilikan lahan dan batas tanah warga melalui sertifikat.

Sigit menjelaskan, saat ini pihaknya sudah membentuk tim appraisal. Proses pembebasan lahan pun bisa dimulai bulan depan. Tahun ini dia memperkirakan ada lahan sepanjang tiga kilometer yang bisa dibebaskan. “Semuanya milik warga,” katanya. 

Selain tanah warga ada juga lahan seluas 1,4 kilometer yang merupakan tanah milik TNI Angkatan Laut. Secara keseluruhan dia berharap bisa membebaskan lahan sepanjang 5,9 km hingga akhir tahun ini. 

Setelah berhasil dengan pembebasan lahan, nantinya akan disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera). Harapannya, pemkab mendapatkan bantuan pembangunan dari pemerintah pusat.

Sigit mengatakan, pengajuan bantuan pembangunan itu bisa dilakukan. Salah satu contohnya adalah pembangunan FR sisi barat di Surabaya. “Surabaya bisa, Sidoarjo juga seharusnya bisa,” imbuhnya. 

Dengan bantuan tersebut, Sigit menargetkan pembangunan fisik FR dimulai tahun depan. Setelah itu, pihaknya akan meminta perusahaan menghibahkan lahannya. Sebab, dari 31 perusahaan, hanya 11 perusahaan yang sudah menghibahkan lahan. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia