Kamis, 19 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

839 Bacaleg Serbu Polrestabes Urus SKCK

Kamis, 12 Jul 2018 16:07 | editor : Wijayanto

ANTRE: Sejumlah bacaleg mengurus SKCK di kantor pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya.

ANTRE: Sejumlah bacaleg mengurus SKCK di kantor pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya. (YUAN ABADI/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Menjelang masa pendaftaran calon legislatif, Polrestabes Surabaya diserbu para calon wakil rakyat. Dalam dua pekan terakhir tercatat 839 orang datang. Tujuan kedatangan mereka mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisan (SKCK). “Ratusan bacaleg baik untuk kota Surabaya dan DPD-DPR RI sudah mendatangi kantor pengurusan SKCK di Mapolrestabes Surabaya,” ungkap Wakasat Intelkam Polrestabes Surabaya, Kompol Edi Kresno, Rabu (11/7)

Edi mengatakan para caleg sudah mengurus SKCK sejak 26 Juni lalu, hingga saat ini (11/7) tercatat 839 orang. Rinciannya, sebanyak 61 persen didominasi pendaftar bacaleg pada tingkat kota. "Sekitar 516 bacelag mengurus SKC untuk digunakan mencalonkan di Kota, sedangkan sisanya untuk DPD Jatim dan DPR RI. Untuk DPD dan DPR RI kami berikan rekomendasi ke Polda Jatim, karena yang bisa mengurus SKCK di sini hanya yang ber-KTP Surabaya," ujarnya.

Perwira dengan satu melati di pundaknya ini mengatakan dari ratusan bacaleg yang mengurus SKCK, pihaknya masih belum menemukan bakal calon legislatif yang tersandung perkara kriminal hingga berakibat tak dikeluarkannya surat tersebut.  "Sejauh ini belum ada. Kami layani sesuai prosedur. Tidak ada yang diistimewakan,” terangnya.

Karena banyak jumlah bacaleg dan warga yang mengurus SKCK, pihaknya mencoba mengantisipasinya dengan menyediakan opsi di ruang belakang dekat Bhara Dhaksa yang dapat digunakan bacaleg ini. “Sehingga lebih efektif saja dan pelayanan juga bisa maksimal,” terangnya.  

Sementara itu, dalam pendaftaran pengurusan SKCK bacaleg di Polrestabes ini diwarnai dengan adanya anak dan ayah yang sama-sama memohon SKCK untuk mendaftar sebagai caleg pada kontestasi tahun ini.

Mereka adalah Ineke Lanua Demulia,22, yang mendaftar sebagai bacaleg DPRD Kota Surabaya melalui Partai Demokrat dan Herlan Sinanuar,53, yang mendaftar bacaleg DPD Jatim Dapil I melalui Partai Demokrat. Keduanya kompak mengurus SKCK di Mapolrestabes Surabaya bersama.

"Saya diajak ayah saya untuk mendaftarkam diri sebagai caleg melalui Partai Demokrat untuk tingkat kota. Ini pengalaman pertama. Kalau ayah sudah dua kali ini," ungkap Ineke di tengah pengurusan SKCK tersebut.

Selain Ineke dan Herlan, ada pula David Rehyar. Bacaleg asal Surabaya ini akan maju pada kontestasi pemilihan legislatif di tingkat kota melalui Partai Nasional Demokrat. "Sejauh ini tidak ada kendala (proses pengurusan SKCK, Red). Pengurusan cukup cepat dan ini tinggal mengajukan ke partai diteruskan ke KPU. Terakhir 17 Juli nanti," ujar David. (yua/no)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia