Jumat, 20 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

PPDB Online untuk 76 SDN dan 44 SMP

Senin, 25 Jun 2018 05:27 | editor : Lambertus Hurek

Pendafatran murid baru di SMPN 1 Sidoarjo.

Pendafatran murid baru di SMPN 1 Sidoarjo. (DOK)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SD dan SMP negeri dimulai hari ini. Calon peserta didik tinggal mengakses laman ppdbsda.net. 

"Tidak semua sekolah negeri melakukan sistem online. Untuk SMP negeri ada 44 sekolah dan SD negeri ada 76 sekolah," ujar Sekretaris Dikbud Sidoarjo Tirto Adi.

Pria yang akrab disapa Tirto ini mengatakan, sistem online sebenarnya memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya sekolah. Sebab, bisa diakses di mana saja. Selain itu, bisa meminimalisasi praktik penambahan umur.

Jika para pendaftar merasa kesulitan atau bingung untuk melakukan pendaftaran online, bisa langsung mendatangi sekolah yang dituju atau sekolah asal. "Sudah kami siapkan operatornya untuk membantu pendaftaran online," jelasnya.

Untuk verifikasi validasi pendaftaran SD, menurut Tirto,  para orang tua/calon wali murid diharap membawa fotokopi akte kelahiran calon peserta didik, fotokopi Kartu Keluarga )KK) dan fotokopi ijazah masing-masing satu lembar dan diserahkan kepada panitia penerimaan di SDN yang dituju terdekat. Kemudian panitia sekolah akan meng-entry data pendaftar. 

"Setelah itu pendaftar akan menerima bukti pendaftaran berupa formulir pendaftaran atas nama calon peserta didik masing-masing setelah data di-entry petugas," paparnya.

Pengumuman PPDB dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pada 26 Juni pukul 13.00, sedangkan tahap kedua pada 29 Juni pukul 13.00. Pengumuman via online di website PPDB dan secara offline di sekolah serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo.

"Bagi siswa yang tidak diterima di luar pagu sekolah bisa melakukan pendaftaran kembali pada SDN lainnya yang dipilih dan dalam kondisi yang masih kurang pendaftarnya atau yang belum memenuhi pagu sekolah," pungkasnya. (mus/rek)

(sb/mus/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia