Sabtu, 21 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya
Kiat Perpustakaan agar Ramai Pengunjung

Kembangkan e-Book untuk Tarik Minat Pembaca

Sabtu, 23 Jun 2018 13:19 | editor : Wijayanto

BUKU JENDELA DUNIA: Seorang pengunjung perpustakaan sedang mencari buku di perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jatim, Jumat (22/6).

BUKU JENDELA DUNIA: Seorang pengunjung perpustakaan sedang mencari buku di perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jatim, Jumat (22/6). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur tidak pernah sepi pengunjung meskipun baru buka kembali setelah libur Hari Raya Idul Fitri. Dalam satu hari, perpustakaan (perpus) Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Jatim yang berada di Jalan Menur Pumpungan nomor 32 ini sudah banyak di kunjungi ratusan pembaca.

Mulai dari mahasiswa maupun pelajar, Wahyu Dian Permana selaku pustakawan bidang akuisisi dan ahli media menjelaskan, pada Kamis (21/6), hari pertama buka terdapat 222 kunjungan anggota perpus dan non anggota sebanyak 44 kunjungan.

MASIH EKSIS: Sejumlah pengunjung membaca buku di perpustakaan. Pada saat musim libur panjang seperti sekarang, banyak pengunjung yang sebagian besar mahasiswa mengisi waktu luangnya dengan membaca.

MASIH EKSIS: Sejumlah pengunjung membaca buku di perpustakaan. Pada saat musim libur panjang seperti sekarang, banyak pengunjung yang sebagian besar mahasiswa mengisi waktu luangnya dengan membaca. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

“Biasanya lebih banyak lagi dari itu, kalau waktu weekend bisa sampai penuh ini ruangan bacanya,” kata Wahyu sembari menata beberapa buku, Jumat (22/6).

Mahasiswa yang berkunjung rata-rata adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan strata 1 (S1), atrata 3 (S3), dan diploma 3 (D3) dari berbagai universitas di Surabaya. Selain itu, di musim libur panjang seperti saat ini, banyak pelajar yang memanfaatkan waktu luang untuk membaca di Perpus Jatim.

Banyaknya minat baca di perpus Jatim karena memang suasana ruang baca yang nyaman dan hening, sehingga para pembaca dapat berkonsentrasi penuh. Selain itu, koleksi buku milik Dinas Perpusatakaan Dan Kearsipan Provinsi Jatim tergolong lengkap, mulai dari yang lama hingga terbitan baru.

Tidak sekadar itu saja, Dinas Perpusatakaan Dan Kearsipan Provinsi Jatim dalam waktu dekat akan membuat layanan digital berupa e-book untuk menarik lebih banyak minat baca masyarakat Jatim, khususnya Surabaya. Wahyu menjelaskan, kemungkinan e-book tersebut akan diresmikan antara bulan September dan Oktober. Inovasi tersebut sebagai stimulus minat pembaca agar lebih banyak lagi, dan memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin.

“Sementara ini kami sudah mengunggah beberapa buku, tapi yang tidak ada hak ciptanya. Kalau buku umum yang ada hak ciptanya masih menunggu peresmiannya,” ujar Wahyu.

Selain itu, ia menambahkan, untuk buku yang memiliki hak cipta hanya bisa ditampilkan melalui daring sekedar kaver, pendahuluan, dan beberapa halaman depan saja. “Nanti pengunjung sudah bisa akses melalui gadget pribadi, nanti tinggal download aplikasinya di Google Playstore,” imbuhnya.

Andini Septiarini, salah satu pengunjung yang juga pejalar di salah satu SMA di Surabaya ini sengaja datang ke perpus untuk menyewa beberapa buku materi pelajaran yang akan di gunakan persiapan masuk pada tahun ajaran baru.

“Disini lebih lengkap bukunya, buat baca-baca juga nyaman dan tidak berisik. Fasilitasnya juga lengkap tinggal akses lewat komputer kita bisa tahu buku yang diinginkan,” Pungkasnya. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia