Sabtu, 21 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Usai Liburan, Banyak Sidang Tertunda di Pengadilan Negeri Surabaya

Jumat, 22 Jun 2018 15:17 | editor : Abdul Rozack

Lenggang : Suasana Pengadilan Negeri (PN) Surabaya saat pertama masuk kerja.

Lenggang : Suasana Pengadilan Negeri (PN) Surabaya saat pertama masuk kerja. (YUAN ABADI / RADAR SURABAYA)

Pelayanan di instansi pemerintah mulai aktif, Kamis (21/6). Termasuk juga aktivitas persidangan di Pengadilan Negeri, Surabaya. Meski demikian, di hari pertama kerja setelah libur lebaran, nampak minim aktifitas dan cenderung lenggang. 

Berdasarkan pemantauan di lapangan, sejumlah ruang sidang di kantor tersebut juga masih melompong. Padahal waktu menujukkan pukul 02.00 WIB. Padahal biasanya jam-jam itu sejumlah terdakwa dan lengkap dengan majelis hakum sudah siap menggelar sidang. 

Kemudian ruangan tunggu tahanan juga nampak sepi, hanya beberapa terdakwa yang terlihat siap menghadapi persidangan. Menanggapi kondisi itu, Humas PN, Sigit Sutrisno mengatakan proses persidangan memang seharusnya digelar seperti hari-hari biasanya. Hanya saja, banyak terdakwa yang tak datang.  “Kalau persidangan kami siap. Saya sudah memegang data empat sampai lima kasus pidana yang seharusnya sidangnya digelar hari ini. Namun terdakwanya tak datang,” ungkap Sigit. 

Mengenai datang atau tidaknya tahanan pihaknya tak memilik otoritas. Sebab mereka tanggung jawab dari kejaksaan masing-masing. Yang jelas, menurut Sigit, jadwal sidang sudah siap baik pidana maupun perdata. Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kejaksaan jika proses sudah berjalan normal. “Kemungkinan aktifitas persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya akan benar-benar normal pada Senin mendatang,” terangnya.

Dia juga menegaskan minimnya sidang karena memang banyak terdakwa yang tak datang. Sebab pihaknya memastikan jika di hari pertama masuk usai lebaran ini sebanyak 33 hakim sudah datang dan siap menjalankan tugasnya. (yua/rtn) 

(sb/yua/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia