Senin, 23 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

RSUD Barat Tunggu Kesepakatan Dewan

Jumat, 22 Jun 2018 06:16 | editor : Lambertus Hurek

Lahan untuk RSUD Sidoarjo Barat di Krian.

Lahan untuk RSUD Sidoarjo Barat di Krian. (DOK)

Rencana pembangunan RSUD Sidoarjo Barat mendapatkan dukungan penuh dari DPRD Sidoarjo. Pasalnya, RSUD itu sangat dibutuhkan warga di wilayah Kecamatan Krian, Tarik, Taman, Prambon, dan Wonoayu.  Namun, hingga kini sejumlah fraksi di DPRD Sidoarjo berbeda pendapat terkait skema dan sistem pembiayaan RSUD bertipe C itu. 

“Kalau saya pribadi sebenarnya setuju dengan skema KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha). Tapi kan ini harus dirapatkan bersama dengan anggota dewan yang lain,” ujar Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan ketika dihubungi Radar Sidoarjo, Selasa (19/6).

Pria yang akrab disapa Gus Wawan ini berencana pada Jumat mendatang menggelar rapat untuk membahas isu ini. “Rencananya, Jumat itu halal bihalal sekaligus paripurna. Setelah paripurna kita akan rapat. Semoga saja dari rapat tersebut bisa segera ada keputusan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar Bintang Persatuan Hadi Subiyanto mengatakan, sah-sah saja jika Pemkab Sidoarjo mengajukan skema KPBU. Akan tetapi, menurut dia, Pemkab Sidoarjo harus menyodorkan skema APBD dan APBN untuk dianalisis bersama-sama sebagai perbandingannya. “Pada dasarnya kami semua sangat mendukung pembangunan RSUD itu. Karena RSUD Barat di wilayah Krian itu pada prinsipnya dibutuhkan warga Sidoarjo bagian barat. Hanya skema dan sistem pembiayaannya harus diperjelas. Jangan sampai merugikan Pemkab Sidoarjo,” tegasnya.

Hadi menambahkan, Pemkab Sidoarjo sangat mampu mengelola RSUD tipe C itu. Sebab, RSUD Sidoarjo dicatat sebagai Rumah Sakit pendidikan dan rujukan dari rumah sakit daerah lain. “Dengan manajemen yang sudah berpengalaman, kami yakin Sidoarjo mampu mengelola RSUD tipe C di Krian itu,” ujarnya.

 Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Bangun Winarso mengatakan, pembahasan program rencana pembangunan RSUD Barat hingga kini belum juga selesai. Seharusnya bulan ini sudah selesai dan menuju tahapan persetujuan DPRD. Tapi hingga saat ini lembaga legislatif belum menerima laporan pembahasan tersebut. 

“Kalau saya dan  anggota lima fraksi lainnya setuju dengan skema pembiayaan dengan APBD. Kami yakin APBD Sidoarjo sangat mampu membiayai pembangunan RSUD Barat ini,” katanya. (mus/rek)

(sb/mus/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia