Minggu, 22 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Mahal, Bisnis Persewaan Mobil Tetap Ramai

Kamis, 21 Jun 2018 16:25 | editor : Aries Wahyudianto

Mahal, Bisnis Persewaan Mobil Tetap Ramai

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengusaha jasa persewaan mobil seminggu menjelang lebaran mulai diserbu penyewa kendaraan. Bahkan, mereka yang mayoritas ingin menggunakan mobil sewaan untuk mudik lebaran tahun ini rela merogoh kocek yang lebih dalam.

Direktur PT Gresik Indah, Ashabul Khafi mengatakan, tahun ini jumlah penyewa mobil lebih banyak dibandingkan tahun kemarin. Hal ini seiring dengan semakin nyamannya membawa kendaraan sendiri saat mudik.

“Masyarakat tidak mau capek mengendarai sepeda motor atau angkutan umum. Namun untuk membeli kendaraan belum ada dana, makanya larinya penyewaan,” ujarnya.

Untuk tahun ini, pihaknya menaikkan harga sewanya hingga 40 persen. Dari yang semula Rp 300 ribu menjadi Rp 500 dan dari yang Rp 400 ribu menjadi Rp 700 ribu.

“Selain itu saya juga memberlakukan sistem sewa minimal, yakni 3 hari, 5 hari dan 7 hari. Alhamdulillah, meskipun begitu penyewa tetap banyak,”terangnya.

Senada, pemilik rental mobil Ladju Group, Arif Rahman mengatakan, pada hari biasa mobil yang disewa ditempatnya hanya 2 sampai 4 unit. Sedangkan khusus libur tahun baru ini, 20 mobil yang dia miliki ludes disewa pelanggan.

“Bila sewa setengah hari kami kenakan tarif Rp 200 ribu dan kalau sampai sehari Rp 400 ribu sampai Rp 600 ribu. Harga sewa itu belum termasuk penggunaan BBM. Selain itu kami juga menyediakan fasilitas sewa mobil lengkap dengan pemakaian jasa supir,” katanya.

Dia menjelaskan masyarakat yang ingin menyewa cukup menyerahkan fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk), fotocopy Kartu Keluarga (KK), fotocopy SIM, fotocopy PBB, ada surat jaminan, dan juga nomor telpon Rumah atau kantor.

“Sama seperti rental lain kendaraan yang banyak disewa disini Toyota Avanza, Kijang Innova, Mobilio, Ertiga dan Xenia,” tandasnya.(fir/han)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia