Selasa, 17 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Sidoarjo

Persida Belum Seleksi Pemain

Senin, 16 Apr 2018 19:26 | editor : Lambertus Hurek

Tim Persida yang berlaga di Liga 2 tahun 2017.

Tim Persida yang berlaga di Liga 2 tahun 2017. (DOK)

Kompetisi Liga 3 Zona Jatim sudah bergulir sejak 1 April lalu. Delta Putra Sidoarjo (Deltras) sudah melakoni tiga laga. Hasilnya tiga kali menang. Sayang, poin The Lobster dikurangi tiga akibat sanksi FIFA terkait tunggakan gaji pemain asing saat ISL 2011-2012.
Lantas, bagaimana dengan Persida? Tim lama asal Sidoarjo yang berlaga di Liga 3 Zona Nasional itu sampai sekarang masih terkesan adem ayem. Belum terlihat seleksi pemain untuk persiapan menghadapi kompetisi yang kian berat itu. Tim Persida yang lama sudah dibubarkan usai degradasi saat kompetisi Liga 2 musim lalu.
"Persida sejauh ini belum melakukan persiapan. Kelihatannya seperti masih tidur panjang," ujar Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Sidoarjo Riyadh Ahmad Balahmar kemarin.
Mantan komisaris Persida musim lalu itu mengaku tidak lagi mengikuti perkembangan Persida karena fokus sebagai ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur. Saat ini pihaknya sedang menggulirkan kompetisi Liga 3 Regional Jatim. Persida sendiri mengikuti Liga 3 Nasional karena statusnya sebagai klub eks Liga 2. Meski sama-sama Liga 3, operator kompetisinya berbeda. "Saya tidak lagi mengurus Persida. Jadi, bukan kewenangan saya untuk bicara tentang Persida," ujarnya.
Tokoh bola yang juga pengacara senior ini menambahkan, berdasarkan hasil kongres Askab PSSI Sidoarjo tahun lalu, Persida sudah dikembalikan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo selaku pemilik asli tim berjuluk Laskar Jenggolo itu. Sebab, sejatinya Persida merupakan klub perserikatan yang menjadi payung klub-klub amatir di Kabupaten Sidoarjo.
Riyadh berharap pemkab bersama segenap pemangku kepentingan di Kota Delta mau memperhatikan nasib Persida. Selain punya sejarah yang panjang, Persida bisa menjadi tempat pembibitan pemain-pemain berbakat dari Kabupaten Sidoarjo. "Jangan sampai terpuruk," katanya.
Pekan lalu, PSSI sudah melakukan pembagian grup Liga 3 Zona Nasional. Persida Sidoarjo masuk Grup 6 bersama Persekam Metro FC (Kabupaten Malang), Persepam Madura, Persekap Pasuruan, dan PSBI Blitar. Sampai saat ini belum ada jadwal resmi kompetisi Liga 3 Nasional. Namun, diperkirakan kompetisi kasta ketiga ini digelar pada bulan Mei atau Juni mendatang. (sar/rek)

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia