Selasa, 17 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Surabaya

Kerennya Mobil Remote Control Lomba Drifting

Senin, 16 Apr 2018 14:11 | editor : Abdul Rozack

BUTUH KONSENTRASI: Perlombaan mobil remote control dengan teknik drifting.

BUTUH KONSENTRASI: Perlombaan mobil remote control dengan teknik drifting. (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Perlombaan balap mobil yang beradu kecepatan sudah biasa. Tetapi kali ini balap mobil dengan menggunakan trik berbelok hingga sejajar dengan mobil lainnya atau biasa disebut dengan drifting. Seperti perlombaan yang diselenggarakan oleh komunitas Remote Control Drift Club Surabaya (RCDCS) di Town Square Mall. Minggu, (15/4).

Perlombaan Fun Race RC Drifting yang baru kedua kali di Surabaya ini diikuti oleh 16 peserta yang tergabung dalam komunitas RCDCS. Saryono, ketua panitia balap remot control tersebut mengatakan, perlombaan ini bertujuan untuk menyatukan para penghobi mobil drift remote control di Surabaya. 

“Kompetisi seperti ini jarang ada peminatnya. Jadi kami juga mengenalkan kalau ini bukan hanya sekadar mainan saja tetapi juga melatih konsentrasi seperti halnya menyetir mobil sungguhan,” ujar Saryono.

Dalam perlombaan mobil remote control ini, terdapat beberapa aturan yang mirip dengan perlombaan mobil drift sungguhan. Di antaranya adalah, cara berbelok yang serasi dengan mobil lainnya, mobil juga harus melewati clipting point sehingga mendapatkan point bagus, dan dari  segi angel yang sesuai dengan kriteria juri.

Selain itu Suryono  mengatakan, penilaian tidak hanya tiga point tersebut. Tetapi juga dinilai kehandalan driver menyetir saat mobil di dalam lintasan. 

“Driver harus bisa sehalus mungkin berbelok dan tidak menyentuh atau bertabrakan dengan mobil lainnya. Kalau mobil tersebut belok dengan mulus maka akan mendapat point lebih,” jelasnya.

Michael Kusuma Adi yang berhasil menyabet juara satu Fun Race RC Drifting ini mengatakan perlombaan ini sangat membutuhkan skill dan konsentrasi tinggi seperti halnya ngedrift sungguhan.

“Sebetulnya main mobil remote control ini kan membutuhkan keterampilan jadi gak asal main gitu saja. Kalau ini menurut saya tingkat kesulitannya tinggi, karena pada umumnya mobil berjalan lurus, tapi ini miring,” ungkap salah satu pemenang dari anggota komunitas RCDCS.

Michael berharap perlombaan mobil remote control drift ini dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, khususnya di Surabaya. Ia juga pernah memenangkan berbagai perlombaan RC Drifting di Surabaya. Pada tahun ini ia berencana untuk mengikuti kompetisi nasional RC Drifting yang di selenggarakan pada Mei mendatang. (gin/no)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia