Senin, 23 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

18 UPT Dinas Pendidikan Dibubarkan

Senin, 16 Apr 2018 10:19 | editor : Aries Wahyudianto

Mahin

Mahin (Dok/Radar Gresik)

KOTA – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik telah membubarkan 18 Unit Pelaksana Teknis (UPT). Ini sesuai Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) 12/2017 tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan UPTD. Dalam aturan baru tersebut, yang disebut UPT adalah lembaga pendidikan formal.

Kepala Dispendik Kabupaten Gresik Mahin mengatakan sesuai Permendagri 12/2017 sudah tidak ada lagi UPT di luar lembaga formal. Jadi, sekarang yang disebut UPT adalah sekolah SDN maupun SMPN. “Mulai tahun 2018 ini seluruh UPT sudah kami lakukan pembubaran,” ujarnya.

Dikatakan, dari jumlah UPT Pendidikan di Kabupaten Gresik sebanyak 20 lembaga saat ini tinggal menyisakan dua UPT saja. Dua UPT yang tidak dibubarkan adalah UPT Resaurce Center (RC) dan UPT SKB di Cerme. “Semunya sudah kami bubarkan, tinggal dua yang tidak kami bubarkan karena aturannya memang boleh,” ungkap dia.

Dari seluruh UPT yang dibubarkan tersebut jumlah pegawainya kurang lebih mencapai 300 orang. Seluruh pegawai tersebut sudah didistribusikan untuk bekerja di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Sudah dialihkan di beberapa OPD untuk pegawai UPT yang dibubarkan tersebut,” katanya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Gresik Mujid Ridwan mengatakan pihaknya meminta Dinas Pendidikan untuk bekerja lebih ekstra lagi. Sebab, dengan tidak adanya UPT maka pengawasan langsung dilakukan Dispendik. “Jika sebelumnya mereka dibantu UPT, sekarang tidak lagi,” kata dia. (rof/ris)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia