Senin, 23 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Parpol Boleh Pasang APK Pilgub

Selasa, 13 Mar 2018 19:20 | editor : Lambertus Hurek

Zainal Abidin ketua KPU Sidoarjo.

Zainal Abidin ketua KPU Sidoarjo. (IST)

Belum tersedianya Alat Peraga Kampanye (APK) dari KPU pusat maupun Jawa Timur membuat KPU Sidoarjo memberikan sedikit ruang untuk pemasangan APK. KPU memperbolehkan tim sukses partai maupun cagub-cawagub untuk mencetak APK sendiri.
“Kami sudah sosialisasikan ini dengan mengumpulkan seluruh partai, tim sukses (timses) dan panwaslu,” ujar Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin, Senin (12/3).
Zainal mengatakan, sebenarnya baik timses maupun parpol sudah mengirimkan desain APK-nya ke KPU. Namun belum adanya persetujuan desain membuat mereka harus menunggu. “Jadi memang prosesnya desain tersebut harus disetujui oleh KPU pusat maupun KPU Jatim, baru akan dicetak,” jelasnya.
Namun APK yang difasilitasi oleh KPU masih belum ada yang terpasang. Karena masih dalam proses lelang. Sementara desain sudah ditetapkan oleh KPU. Sambil menunggu APK dari KPU, timses maupun partai diperbolehkan mencetak dan memasang APK lebih dulu. Hanya saja, syaratnya harus sesuai dengan desain dan jumlah yang sudah ditetapkan. Yakni jumlahnya sesuai dengan peraturan KPU, tidak boleh lebih dari 150 persen.
Sementara untuk APK yang tidak sesuai dengan desain yang sudah ditetapkan harus segera diturunkan. Pihak KPU juga tidak segan-segan mengeluarkan teguran kepada pihak paslon yang melanggar.  “Jika ada APK yang terpasang, sudah kita peringatkan mereka,” pungkasnya. (mus/jee)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia