Jumat, 20 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Sidoarjo
Kawasan Wisata Pecinan Jadi Salah Satunya

Targetkan 27 Juta Wisatawan, Disbudpar Siapkan 51 Festival

Sabtu, 13 Jan 2018 20:37 | editor : Abdul Rozack

TARIK WISATAWAN: Suasana kawasan Pecinan Kya-Kya di Kembang Jepun saat malam. Untuk menghidupkan kawasan wisata potensial, Disbudpar menyiapkan berbag

TARIK WISATAWAN: Suasana kawasan Pecinan Kya-Kya di Kembang Jepun saat malam. Untuk menghidupkan kawasan wisata potensial, Disbudpar menyiapkan berbagai festival, salah satunya di kota lama Kembang Jepun. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya menargetkan jumlah wisatawan yang masuk ke Kota Pahlawan pada 2018 mencapai 27 juta wisatawan. Untuk mendongkrak jumlah wisatawan tersebut, Disbudpar sudah merencanakan 51 event dan 45 kegiatan selama setahun. 

Kepala Disbudpar Surabaya Widodo Suryantoro mengatakan, sejumlah event kebudayaan, kreativitas, promosi wisata, seni, UKM dan olahraga menjadi sejumlah event yang nantinya akan dikemas untuk menarik wisatawan. 

“Kami ingin event yang digelar sebagai daya tarik Surabaya,” katanya, Jumat (12/1). 

Menurutnya, ada beberapa festival unggulan yang menjadi perhatian Disbudpar. Salah satunya nanti yakni pelaksanaan Festival Kalimas. Meski agenda tahunan, nanti festival itu akan berbeda cara pengemasan dan penampilannya. “Biar ada ketertarikan lagi dari para pengunjung,” jelasnya. 

Dia mencontohkan, nanti di event ini akan diulas kembali berbagai sejarah sungai sepanjang 19 kilometer tersebut. Selain itu, di atas kapal nanti ada teater yang akan mengulas kembali sejarah Kalimas. Mulai dari Jalan Petekan, Jalan Achmad Jais, Genteng, Taman Prestasi dan berakhir di Monumen Kapal Selam. “Biar jadi salah satu ikon untuk festival di sungai,” terangnya. 

Di sisi lain, Disbudpar juga berencana menghidupkan kembali Jalan Tunjungan dengan konsep acara mlaku-mlaku nang Tunjungan, yang rencananya akan digelar sebanyak enam kali selama setahun. Termasuk di kawasan Kembang Jepun dengan festival kulinernya. 

Menurutnya, peningkatan jumlah wisatawan pada 2017 sebanyak 24 juta dari target 18 juta wisatawan harus bisa disikapi dengan cepat. Sebagai Kota Metropolis, Surabaya diharapkan jadi jujukan para wisatawan di berbagai daerah. (vga/nur) 

(sb/vga/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia