Senin, 23 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Command Center 112, Selalu Siap dan Tanggap untuk Menolong Warga

Jumat, 12 Jan 2018 17:09 | editor : Abdul Rozack

KOORDINASI: Petugas dibantu satpam di Galaxy Mall menempelkan stiker command center 112.

KOORDINASI: Petugas dibantu satpam di Galaxy Mall menempelkan stiker command center 112. (VEGA DWI ARISTA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Berbagai persoalan atau ketika ada masalah, seperti kecelakaan, kebakaran atau musibah lain kini ada solusinya. Masyarakat bisa memanfaatkan command center 112. 

Nomer layanan ini diharapkan menjadi solusi awal kondisi warga Surabaya bisa terpantau dan masalah segera bisa diselesaikan. 

Plt BPB Linmas Irvan Widyanto mengatakan, koordinasi dengan semua lini baik itu Dinas Kesehatan, rumah sakit, PMI, Satpol PP hingga Dinas Pemadam Kebakaran terus dilakukan untuk membantu masalah di masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Setiap masalah yang disampaikan dalam command center selalu beragam dan membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. 

“Kita selalu siap dan tanggap karena kebutuhan di lapangan juga bermacam-macam,” ucapnya. 

Dia mencontohkan, petugas Command Center juga pernah menerima laporan ada hewan kesayangan milik masyarakat yang hilang yakni kucing. Ternyata, kucing itu ditemukan di atas atap yang tidak bisa turun. Petugas pun menyelamatkan hewan itu, sehingga sang pemilik sangat senang. 

“Kita ingin masalah yang dilaporkan ke Command Center bisa diatasi oleh petugas,” tambahnya. 

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Surabaya Agustin Poliana mengatakan, BPB Linmas memang sebagai instansi yang harus bisa memberikan solusi terhadap penanganan bencana di Surabaya. Tidak hanya bencana yang berskala besar tetapi juga insidentil di masyarakat yang harus bisa diselesaikan. 

“Fungsi Command Center sangat tepat,” katanya. 

Menurutnya, penambahan petugas di lapangan diharapkan juga dilakukan agar setiap laporan bisa ditangani dengan banyaknya petugas yang stand by. Dikarenakan dalam menjalankan tugas selama 24 jam maka butuh pergantian petugas yang siap dan cekatan. (vga/rud) 

(sb/vga/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia