Minggu, 22 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Gelombang Laut Tinggi, Express Bahari Balik Kucing

Jumat, 12 Jan 2018 09:50 | editor : Aries Wahyudianto

Kapal cepat Express Bahari yang menjadi sarana tranportasi favorit,  kembali bersandar di Pelabuhan Gresik.

Putar Kemudi : Kapal cepat Express Bahari yang menjadi sarana tranportasi favorit, kembali bersandar di Pelabuhan Gresik. (Dok/Radar Gresik)

Kota – Cuaca di perairan laut Jawa saat ini tak menentu. Bahkan kondisinya sulit diprediksi. Cuaca buruk bisa saja terjadi tiba-tiba di jalur tranportasi laut. Akibatnya kapal yang berangkat dalam kondisi cauca bersabat, putar haluan kembali ke Gresik.     

Seperti Kapal Express Bahari 8E yang berangkat Kamis (11/1) pagi. Saat berangkat pukul 07.00 wib dari Pelabuhan Gresik cuaca sangat mendukung. Sehingga syahbandar mengijinkan untuk berlayar.

Tapi siapa nyana,  setelah 2 jam perjalanan kapal harus berputar kembali. Lantaran didepan menghadang gelombang setinggi 4 meter.

Akhwan salah satu penumpang mengatakan keputusan kapten kapal untuk kembali ke Gresik sangat tepat sekali. "Memang gelombannya sangat tinggi di sekitar pengeboran minyak,"katanya.

Reven Putra, Kepala Cabang PT Pelayaran SIM Gresik membenarkan kapal diputuskan kembali setelah 2 jam dalam perjalanan menuju Pulau Bawean. Adapun jadwal keberangkatan selanjutnya masih menunggu sampai kondisi gelombang kembali bersahabat.

Sementara itu, KMP Gili Iyang yang direncanakan berangkat kemarin malam juga diputuskan batal keberangkatannya. Ini juga disebabkan gelombang masih tinggi. "Otoritas Syahbanbar Bawean melarang keberangkatan sehubungan kondisi gelombang tinggi, maka kapal dibatalkan keberangkatan menuju Pelabuhan Gresik,"paparnya.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Bawean Ahmad Bisri menghimbau untuk 5 hari kedepan harus waspada. Dipredidiksi prakiraan gelombang masih 3 meter. "Khususnya kepada seluruh nelayan di Pulau Bawean agar berhati-hati saat mencari ikan ke laut,"pungkasnya. (bst/rtn)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia