Jumat, 20 Jul 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Gerindra Akhirnya Dukung Gus Ipul-Puti

Kamis, 11 Jan 2018 16:25 | editor : Wijayanto

Soepriyatno

Soepriyatno (dok)

SURABAYA - Partai Gerindra akhirnya resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sosial (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk  mendukung Saifullah Yusuf-Puti Guruh Soekarno sebagai cagub dan cawagub Jatim di detik akhir jelang pendaftaran. Dengan bergabungnya partai berlambang burung kepala burung Garuda tersebut, dipastikan akan  menambah kekuatan pasangan Gus Ipul-Puti ini. 

Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Soepriyatno mengatakan, keputusan partainya bergabung dengan PDI Perjuangan, PKS dan PKB sebenarnya sudah terlihat semenjak tiga minggu lalu. Ketika Gus Ipul bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. "Kita sudah mengikat hati dan sering berbicara serta berkoordinasi dengan beliau (Gus Ipul, Red)," ujar Soepriyatno, Rabu (10/1). 

Bergabungnya Partai Gerindra ke Gus Ipul-Puti ini, menepis anggapan partai tersebut tidak bisa berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Demi kepentingan bangsa dan negara, lanjut Soepriyatno, semua bisa terjadi. "Jangan bicara partai. Semua partai ada untuk kepentingan negara. Paling penting adalah siapa sosok yang cocok jadi gubernur. Itu yang paling penting," jelasnya. 

Menurut politisi yang duduk sebagai DPR RI ini, sikap partainya tidak luput dari hasil pertimbangan usulan kiai. Usulan sebagian besar ulama ke Gus Ipul itulah yang menjadi salah satu  alasan partainya bergabung. "Ini ditingkat lokal tidak ada masalah, yang penting kan sosoknya Gus Ipul," tuturnya. 

Sementara mengenai mepetnya turunnya rekomendasi Partai Gerindra ke Gus Ipul-Puti tersebut, dipastikan Soepriyatno tidak akan berpengaruh pada persyaratan di KPU Jatim ketika pendaftaran. Dirinya menyakinkan bahwa semua sudah siap untuk diserahkan ke KPU. Termasuk surat rekomendasi yang telah diteken oleh ketua umum Partai Gerindra. 

"Tidak ada masalah nanti diserahkan di sana saja (KPU). Tinggal jalan saja. Semua sudah siap," tandas Soepriyatno saat ditemui di kantor DPW PKB Jatim sebelum memberangkatkan pasangan calon Gus Ipul-Puti mendatar ke KPU. (bae/nug)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia